Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menghadapi Era Digital Di Madrasah Tsanawiyah Excellent Zainul Hasan Balung Jember

ZUHRO, IKA NAFISATUS (2024) Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menghadapi Era Digital Di Madrasah Tsanawiyah Excellent Zainul Hasan Balung Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (TS-014-PAI-2024)
REVISI THESIS ATUS PRINT-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (51MB)

Abstract

Perkembangan zaman pada era digital ini dunia pendidikan penuh tantangan. Walaupun demikian dunia pendidikan juga di tuntut untuk mengikuti zaman. pendidik adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia., Pendidikan dipengaruhi oleh era globalisasi yang sangat pesat salah satunya perkembangan iptek yang semakin merajalela yang memiliki dampak yang negatif. Pada era ini anak membutuhkan pengajaran agama, apa yang baik dan buruk. Bagi mereka. peran guru snagat penting terutama peran guru akidah akhlak karna dapat melatih kepekaan tentang nilai-nilai etis dan spiritual, membentuk manusia yang berkualitas, berkarakter, bertanggung jawab, dan bermanfaat.
Penelitian ini berfokus pada: (1) Bagaimana peran guru mata pelajaran Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam menghadapi era digital di madrasah tsanawiyah excellent Zainul Hasan Balung Jember? (2) Bagaimana peran guru mata pelajaran Akidah Akhlak sebagai motivator dalam menghadapi era digital di madrasah tsanawiyah excellent Zainul Hasan Balung Jember? (3) Bagiamana peran guru mata pelajaran Akidah Akhlak sebagai innovator dalam menghadapi era digital di madrasah tsanawiyah excellent Zainul Hasan Balung Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan pasif, wawancara semi struktur, dokumenter. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu: Teknik analisis data pada penelitian ini sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi, member check
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1). Guru sebagai pendidik meliputi: (a) Inspirator religius dengan guru mengikuti kegiatan sholat dhuha, inspirator kedisiplinan. dengan selalu datang lebih awal pada kegiatan pembiasaan di sekolah. (b) Motivator religius, memotivasi peserta didik untuk melaksanakn perintah Alloh dengan pembiasaan sholat duhur berjama‟ah. motivator kedisiplinan, memotivasi peserta didik agar selalu tepat waktu, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar pembelajaran (c) Fasilitator religius, menfasilitasi bagi siswa yang mampu untuk menjadi imam dalam kegiatan ibadah, dan mejadi tutor sebaya. fasilitator kedisiplinan, menfasilitasi keluh kesah peserta didik terkait kebijakan yang ada di sekolah dan memberikan tugas kepada siswa dengan digital seperti materi makhluk gaib menggunakan media Puzzleorg dengan menggunakan laptop dan membuat poster ajakan berakhlak terpuji dengan menggunakan laptop. 2) Guru sebagai motivator yaitu dengan menanamkan pendidikan karakter pembiasaan, tadarus pagi, pembacaan asmaul husna, dan penyambutan siswa oleh guru di depan gerbang sekolah untuk bersalaman serta melihat tayangan video motivasi menyangkut akidah akhlak. 3) Guru sebagai Inovator pada perencanaan yaitu menggunakan kurmer membuat modul ajar, Pada pelaksanaan pembelajaran guru Akidah Akhlak menggunakan media 1 siswa 1 laptop.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Akidah Akhlak, Era Digital
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Nafisatus Zuhro
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36299

Actions (login required)

View Item View Item