Muhith, Abd (2017) Dasar-dasar pengembangan pembelajaran tematik. IAIN Jember.
|
Text
Dasar-dasar pengembangan pembelajaran tematik.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu mata pelajaran tertentu. Sebagai salah satu contoh kelas 1 semester 1 dengan tema Diriku, subtema Aku dan Teman Baru; yang didalamnya mencakup beberapa komponen mata pelajaran seperti halnya Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP, PJOK yang digabung dalam menjadi satu tema tertentu. Dalam pendekatan tematik terpadu, tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Kegiatan pembelajaran justru memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Kegiatan pembelajaran seperti ini sejalan dengan kecenderungan peserta didik SD/MI yang mempunyai tiga karakteristik utama dalam belajar yaitu: konkret, integratif, dan hierakhis.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 08:01 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 08:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |