Pengembangan Modul Matematika Materi Statistika Bernuansa Al-Qur’an dengan Discovery Learning untuk Siswa Madrasah Aliyah

Kamila, Novianti Nur (2024) Pengembangan Modul Matematika Materi Statistika Bernuansa Al-Qur’an dengan Discovery Learning untuk Siswa Madrasah Aliyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVIANTI NUR KAMILA_202101070027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Novianti Nur Kamila, 2024: Pengembangan Modul Matematika Materi Statistika Terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Discovery Learning untuk Siswa Madrasah Aliyah
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Matematika, integrasi Qur’an,
Discovery Learning,

Dalam wawancara prapenelitian yang telah dilakukan di MA Annuriyah, di kelas 10 sudah diterapkan Kurikulum Merdeka dan memang belum ada buku paket yang bisa digunakan sebagai bahan ajar. Tapi sudah ada satu LKS yang biasa digunakan sebagai referensi dalam belajar selama satu semester. Namun, kekurangan yang ada pada LKS tentu saja penyajian materi dijelaskan secara singkat. Sehingga berperngaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang masih tergolong menengah ke bawah, melihat nilai ulangan di bab 3 yang kurang memuaskan. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung menggunakan metode ceramah yang masih terkesan monoton. Kendala terakhir adalah larangan membawa HP bagi peserta didik sesuai peraturan pesantren yang menjadi salah satu kendala akses dalam pencarian informasi secara online. Setelah dilakukan analisis kebutuhan, dari 22 siswa dalam 2 kelas yang hadir pada hari tersebut, terdapat 18 siswa yang setuju diterapkannya bahan ajar tambahan untuk mata pelajaran matematika yang diintegrasikan dengan Al-Qur’an dengan persentase 82 %.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang Valid? 2) Bagaimana mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang praktis? 3) Bagaimana mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang efektif?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) untuk mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang Valid? 2) untuk mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang praktis? 3) untuk mengembangkan modul Matematika materi statistika terintegrasi Al-Qur’an Berbasis discovery learning yang efektif?
Penelitian ini menggunakan metode: Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi: (1) Define, (2) design, (3) development, dan (4) desimination,. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Annuriyyah yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket kevalidan modul, angket kepraktisan modul, dan keefektifan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan. Data peningkatan kemampuan literasi matematika siswa diperoleh melalui hasil Uji Wilcoxon berdasarkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis discovery learning memiliki presentase rata-rata kevalidan 87,2% dengan masuk kategori sangat valid. Modul matematika ini juga memiliki presentase kepraktisan sebesar 82,9% yang termasuk kedalam kategori sangat praktis. Analisis peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan modul matematika ini dihitung menggunakan Uji Wilcoxon. Terdapat perbedaan signifikan dengan diterimanya hipotesis bahwa terdapat perbedaan secara signifikan melalui hasil signifikasi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 sebagai takaran maksimal dari diterimanya hipotesis. Diantara hasil pretest dan posttest terjadi kenaikan hasil rata-rata sebesar 13,00. Jadi, dapat disimpulkan modul Matematika dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Novianti Nur Kamila
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:20
Last Modified: 11 Jul 2024 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36306

Actions (login required)

View Item View Item