Strategi Pembentukan Karakter Pada Full Day School di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu

Dawati, Mei Iin (2024) Strategi Pembentukan Karakter Pada Full Day School di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mei Iin Dawati_203206040004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu merupakan salah satu madrasah dari 19 madrasah yang ada di kecamatan Ambulu yang bertransformasi menjadi madrasah dengan sistem full day. Karakter religius, karakter nasionalis, dan karakter integritas tercermin ke dalam perilaku peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu.
Fokus penelitian yang dikaji yaitu bagaimana strategi pembentukan karakter religius, karakter nasionalis, dan karakter integritas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembentukan karakter religius, karakter nasionalis, dan karkter integritas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu.
Pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu adalah menanamkan nilai-nilai religius ke dalam proses pembelajaran, merancang program kegiatan religius untuk pembiasaan peserta didik, memberi contoh/teladan kepada peserta didik, memberi hadiah dan hukuman, memberi nasehat dan tausiyah, mengontrol kegiatan religius peserta didik melalui buku Kobimtaq. 2) strategi pembentukan karakter nasionalis di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu adalah menanamkan nilai-nilai nasionalis ke dalam proses pembelajaran, menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa halus sebagai bahasa pengantar, membuat program kegiatan pembiasaan melalui kegiatan upacara bendera dan ekstrakurikuler pramuka, memberi teladan, memberi nasehat, memberi penghargaan dan hukuman. 3) strategi pembentukan karakter integritas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu menanamkan nilai-nilai integritas ke dalam proses pembelajaran, kontrol langsung dari kepala madrasah, bagian kesiswaan, dan wali kelas, kontrol kejujuran dan tanggung jawab melalui buku Kobimtaq, pembiasaan tanggungjawab melalui piket kelas dan halaman madrasah, membuat poster perilaku tanggung jawab, memberi nasehat, memberi penghargaan dan hukuman.
Kata Kunci: strategi pembentukan karakter, nilai karakter, full day

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mei Iin Dawati
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:41
Last Modified: 10 Jul 2024 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36311

Actions (login required)

View Item View Item