Abilah, Maiza Misrin (2024) Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis di SMP Darut Tauhid Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Suddiq Jember.
Text (SK-052-TADRIS-MTK-2024)
Maiza Misrin Abilah_202101070026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Penalaran proporsional berperan penting dalam kecerdasan logis
matematis karena memungkinkan siswa memahami dan menerapkan konsep rasio
dan perbandingan secara efektif. Dalam konteks masalah perbandingan, penalaran
proporsional membantu siswa mengidentifikasi hubungan dua atau lebih kuantitas
dan menemukan solusi yang tepat. Penalaran proporsional ini juga memperkuat
pemikiran logis dan analitis serta memungkinkan siswa untuk mengembangkan
strategi penyelesaian masalah yang sistematis.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana kemampuan
penalaran proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi
dalam menyelesaikan masalah perbandingan?. 2) Bagaimana kemampuan
penalaran proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang
dalam menyelesaikan masalah perbandingan?. dan 3) Bagaimana kemampuan
penalaran proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah
dalam menyelesaikan masalah perbandingan?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran
proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dalam
menyelesaikan masalah perbandingan, untuk mendeskripsikan kemampuan
penalaran proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang
dalam menyelesaikan masalah perbandingan, dan untuk mendeskripsikan
kemampuan penalaran proporsional siswa yang memiliki kecerdasan logis
matematis rendah dalam menyelesaikan masalah perbandingan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Darut Tauhid Balung Jember dengan
subjek penelitian 6 subjek dengan masing-masing 2 subjek kategori kecerdasan
logis matematis tinggi, sedang, dan juga rendah. Subjek penelitian ini dipilih
berdasarkan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yakni oleh Miles dan Huberman, yaitu: kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
triangulasi metode.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran
proporsional dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi semua
indikator penalaran proporsional. Kemampuan penalaran proporsional dengan
kecerdasan logis matematis sedang hanya mampu memenuhi dua indikator yakni
memahami kovariasi dan berpikir relatif. Kemampuan penalaran proporsional
dengan kecerdasan logis matematis rendah hanya mampu memenuhi satu
indikator saja yakni memahami kovariasi.
Kata kunci : Kemampuan penalaran proporsional, masalah perbandingan,
kecerdasan logis matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Maiza Misrin Abilah |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36323 |
Actions (login required)
View Item |