Strategi Halal Supply Chain Pada Susu Kambing Etawa Merek Skill Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Desa Senduro

Hikmah, Lailatul (2024) Strategi Halal Supply Chain Pada Susu Kambing Etawa Merek Skill Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Desa Senduro. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddik Jember.

[img] Text
LAILATUL HIKMAH-3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Hikmah, 2024. Strategi Halal Supply Chain Pada Susu Kambing Etawa Merek SKILL Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Desa Senduro Lumajang. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S. Ag., M.M. Pembimbing II: Dr. H. Misbahul Munir, MM.

Kata Kunci: Halal, Management Supply Chain, Strategi

Tren halal di dunia semakin menjadi hal yang manarik dan sebuah keharusan. Masyarakat dunia, baik muslim maupun non muslim mulai memberikan perhatian lebih terhadap produk-produk halal khususnya makanan dan minuman halal. Management halal supply chain menjadi sebuah kunci untuk menjaga kehalalalan sebuah makanan dan minuman mulai dari hulu sampai hilir. Dalam kenyataanya, banyak pegusaha muslim di Indonesia sudah menerapkan management supply chain bahkan sebelum pemerintah Indonesia gencar melakukan hal tersebut. Salah satu UMKM yang melakukan management halal supply chain adalah UMKM susu merek SKILL yang menjadikan halal supply chain sebagai bagian penting dari strategi bisnis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan bisnis susu kambing etawa dan bagaimana management halal supply chain yang dilakukan guna menjaga kualitas dari produk susu kambing etawa. Dengan mengambil studi kasus di UMKM susu kambing etawa merek SKILL yang merupakan UMKM yang berhasil melakukan inovasi dalam bisnis susu kambing etawa di Desa Senduro Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data lapangan. Adapun subjek penelitian digunakan dengan teknik porpusive.
Penelitian ini menemukan fakta bahwa UMKM susu kambing etawa SKILL sudah melakukan management halal supply chain yang dimulai dari pemilihan peternak untuk menjadi supplier sampai dengan pemilihan perusahaan distribusi untuk mengantarkan produk kepada pelanggan. Management halal supply chain juga menjadi sebuah strategi ampuh untuk meningkatkan volume penjualan seperti penggunaan label halal yang ada di kemasan dan konsep peternak binaan yang berguna untuk menjaga harga jual, kemurnian, kesucian, kehalalan dan kualitas dari susu kambing etawa sehingga sampai dengan baik kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Hikmah Hikmah
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:02
Last Modified: 10 Jul 2024 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36358

Actions (login required)

View Item View Item