Self regulated learning dalam mengatasi prokrastinasi akademik: Studi kasus mahasiswa program studi bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Himmah, Chamilatul (2024) Self regulated learning dalam mengatasi prokrastinasi akademik: Studi kasus mahasiswa program studi bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-013-BKI-2024)
Chamilatul Himmah_D20173067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Prokrastinasi akademik; Self Regulated Learning.

Mahasiswa yang memiliki tugas, presentasi atau ujian seringkali memilih untuk menunda-nunda pekerjaan hingga mendekati batas waktu yang ditentukan. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada hasil belajar dan kesejahteraan mental, karena menumpuknya tugas-tugas yang harus diselesaikan tersebut dapat menimbulkan stress, kecemasan dan menghambat kemajuan belajar dan pencapaian akademik seseorang. Maka dalam hal ini dibutuhkan kemampuan untuk mengatur diri sendiri secara efektif atau disebut dengan self regulated learning.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa saja faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) Bagaimana kendala self regulated learning dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 3) Bagaimana bentuk self regulated learning dalam mengatasi prokrasnasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Tujuan penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kendala self regulated learning dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 3) Untuk mendeskripsikan bentuk self regulated learning dalam mengatasi prokrasnasi akademik pada mahasiswa bimbingan konseling islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui teknik wawacara, observasi dan dokumentasi yang resmi didapatkan dari lapangan. Lokasi penelitian dilakukan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk self regulated learning yang dilakukan oleh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam mengatasi prokrastinasi akademik ialah, self evaluation, goal setting and planning, seeking information, environmental structuring, seeking social assicitance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Chamilatul Himmah
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:20
Last Modified: 07 Aug 2024 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36365

Actions (login required)

View Item View Item