Abda', M. Faisol (2024) Pengaruh Label Halal, Harga, Mutu Produk, Islamic Marketing Mix, Dan Religiusitas Terhadap Minat Membeli Produk Halal Di Kabupaten Jember (Studi Pada Mahasiswa Di Ptn Kabupaten Jember). Masters thesis, UIN KH AHMAD ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (TS-009-ES-2024)
faisol abda' - watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Abda, M. Faisol, 2024. Pengaruh Label Halal, Harga, Mutu Produk, Islamic Marketing Mix, Dan Religiusitas, Terhadap Minat Membeli Produk Halal Di Kabupaten Jember. Seminar Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kh Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I:. Dr. H. Misbahul Munir M.M. Pembimbing II:
Dr. H. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I.
Kata Kunci: Label halal, Harga, Mutu Produk, Islamic Marketing Mix,
Religiusitas, Minat Membeli.
Kabupaten Jember juga merupakan kota yang sering dijuluki dengan
Kota pendidikan, karena banyak dari kalangan rantauan yang jauh dari berbagai
kota hingga luar pulau yang bermaksud untuk belajar mendalami ilmu
pendidikannya. Di Kota Jember tidak sedikit adanya universitas hingga peneliti
sangat tertarik untuk mengkaji masalah minat mahasiswa dalam membeli produk
halal. Karena masih banyak dari kalangan mahasiswa khususnya, mereka lebih
memilih produk yang tidak mereka kenal jelas dan tanpa adanya label halal yang
sah dari MUI.
Permasalahan yang diteliti diantaranya pengaruh label halal terhadap
minat membeli produk halal, harga terhadap minat membeli produk halal, mutu
produk terhadap minat membeli produk halal, Islamic Marketing Mix terhadap
minat membeli produk halal, religiusitas terhadap minat membeli produk halal,
dan label halal, harga, mutu produk, Islamic marketing mix dan religiusitas secara
bersama-sama terhadap minat membeli produk halal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap minat membeli produk halal,
harga terhadap minat membeli produk halal, mutu produk terhadap minat membeli
produk halal, Islamic Marketing Mix terhadap minat membeli produk halal,
religiusitas terhadap minat membeli produk halal, dan label halal, harga, mutu
produk, Islamic marketing mix dan religiusitas secara bersama-sama terhadap
minat membeli produk halal di kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Penelitian yang bertujuan
untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan antara beberapa variabel
melalui regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan porpotionate
stratified random sampling. Elemen populasi dikelompokkan pada tingkatan
tertentu dengan tujuan pengambilan sampel akan merata pada seluruh tingkatan
dan sampel mewakili karakter seluruh elemen populasi yang heterogen. Sampel
yang diambil pada penelitian ini terdapat 398 responden. Pengujian hipotesis
dengan bantuan software (SPSS).
Hasil analisis menunjukan secara parsial label halal (0,177) berpengaruh
signifikan dengan coeffciens 0,005. Harga (0,137), Mutu Produk (0,500), Islamic
Marketing Mix (0,137), dan Religiusitas (0,477) signifikan terhadap minat
membeli, secara simultan 0,000 < 0,05 semua variabel berpengaruh signifikan
terhadap minat membeli produk halal di Kabupaten Jember.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory |
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhammad Faisol |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 08:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36366 |
Actions (login required)
View Item |