Etos Kerja Petani Perempuan Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso

Fathurrahman, Sandi (2024) Etos Kerja Petani Perempuan Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-134-ES-2024)
Skripsi Sandi F_E20182262.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sandi Fathurrahman, Hj. Mariyah Ulfah, S.Ag.,M.E.I, 2023: Etos Kerja Petani Perempuan Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.

Kata Kunci: Etos Kerja, Produktivitas, Petani Perempuan.

Etos kerja adalah sikap dari masyarakat terhadap makna kerja sebagai pendorong keberhasilan usaha pembangunan. Etos kerja merupkan fenomena sosiologi yang eksistensinya terbentuk oleh hubungan produksi yang timbulsebagai akibat dari struktur ekonomi yang ada dalam masyarakat etos kerja menyangkut potensi dan kondisi manusia dalam menghadapi atau melakukan interaksi dengan lingkungan tersebut. Etos kerja perempuan petani merupakan semangat kerja yang dimiliki oleh perempuan dalam bekerja sebagai petani.Perempuan yang bekerja sebagi petani merupakan bentuk kontribusi dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana etos kerja yang dimiliki oleh para petani perempuan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana implikasi etos kerja petani perempuan pada kehidupan domestik dan publik di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui etos kerja yang dimiliki oleh para petani perempuan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui implikasi etos kerja petani perempuan pada kehidupan domestik dan publik di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Etos krja yang dimiliki oleh para petani perempuan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso di tunjukan dari beberapa sikap yang dimiliki oleh para petani perempuan dalam bekerja: a) Disiplin. b) Tanggung Jawab. c) Jujur. d) Kerja Keras. 2) Implikasi etos kerja para p etani perempuan di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso yang memiliki peran ganda yaitu sbagai ibu rumah tangga dan sebagai petani: a) Ranah domestic yaitu mendampingi suami, mendidik anak, mengatur dan merawat rumah, menjaga kehormatan keluarga. b) Ranah public yaitu mendapatkan upah, menghasilkan barang dan jasa, dan mobilitas tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Sandi Fathurrahman
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:06
Last Modified: 19 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36370

Actions (login required)

View Item View Item