Implementasi bimbingan rohani dalam memberikan kebermaknaan hidup lansia di Upt Liposos (unit pelaksana teknis lingkungan pondok sosial)

Yuliana, Siti (2024) Implementasi bimbingan rohani dalam memberikan kebermaknaan hidup lansia di Upt Liposos (unit pelaksana teknis lingkungan pondok sosial). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shidiq Jember.

[img] Text
Siti Yuliana_D20173078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Bimbingan Rohani; Kebermaknaan Hidup; Lansia

Problem utama para lansia adalah mencari makna hidup,setelah menghabiskan sebagian besar hidup mereka terlibat dalam pekerjaan yang memberikan mata pencaharian dan rasa memiliki tujuan, rasa aman, dan harga diri. Seiring bertambahnya usia, lansia menjadi merasa semakin cemas akan kematian, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan penurunan kesejahteraan secara keseluruhan. Merelokasi individu lansia kepanti jompo dapat memperburuk perasaan ketidakharmonisan dan berkontribusi pada tekanan psikologis yang signifikan, sehingga menciptakan tantangan serius dalam hidup mereka. Maka dalam hal ini perlu adanya pemberian bimbingan rohani kepada lansia dengan tujuan agar lansia dapat menemukan makna dalam kehidupan mereka sendiri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi bimbingan rohani Islam bagi lansia di UPT LIPOSOS Jember? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan bimbingan rohani Islam bagi lansia di UPT LIPOSOS Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana bimbingan implementasi bimbingan rohani Islam bagi lansia di UPT LIPOSOS Jember. 2) mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan bimbingan rohani Islam bagi lansia di UPT LIPOSOS Jember.
Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis model Milles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian proses bimbingan rohani yang dilakukan di UPT LIPOSOS Jember oleh pembimbing ibu Elok Anggraini Amd. Kep yang telah menjalankan perannya dengan baik adalah melalui beberapa tahapan: tahapan pertama membangun hubungan komunikasi yang baik agar dapat mengetahui permasalahan lansia. Tahap kedua pembimbing rohani mempelajari permasalahan lansia dengan menggunakan bimbingan rohani untuk mengetahui problem yang dialami dan menggunakan metode ceramah, metode peragaan dan tanya jawab. Dengan metode tersebut dapat membuat lansia lebih tenang, dan dalam kehidupan kesehariannya mental individu lansia lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mis Siti Yuliana
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:26
Last Modified: 11 Jul 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36371

Actions (login required)

View Item View Item