Implementasi Hadis Tolong Menolong Antar Sesama Melalui Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren Darus Sholah (Studi Living Hadis)

Yusuf, Ramadhan (2024) Implementasi Hadis Tolong Menolong Antar Sesama Melalui Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren Darus Sholah (Studi Living Hadis). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUSUF RAMADHAN_U20172004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Yusuf Ramadhan, NIM. U20172004, 2024. Implementasi Hadis Tolong Menolong Antar Sesama Melalui Kegiatan Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren Darus Sholah (Studi Living Hadis).

Pencak silat merupakan seni bela diri yang memiliki akar budaya dan nilai-nilai keagamaan dalam tradisi Indonesia sementara hadis mendorong umat Islam saling membantu dan bekerja sama. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengajaran pencak silat Pagar Nusa dalam konteks hadits tolong menolong serta dapat implementasinya dalam pola pikir dan perilaku santri di lingkungan pondok pesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan memakai pendekatan living hadis data primer yang digunakan adalah hasil wawancara bersama ketua ketua Pagar Nusa rayon Darus Sholah beserta anggota Pagar Nusa pengurus/asatid, dan juga santri pondok pesantren Darus Sholah, Tegal besar, Kaliwates, Jember. Data sekundernya berupa buku-buku, jurnal skripsi, dan juga artikel yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pencak silat Pagar Nusa di pondok pesantren Darus Sholah tidak hanya bertujuan untuk melatih dalam konteks fisik dan kedisiplinan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengamalkan ajaran agama Islam, khususnya dalam praktek menempelmentasikan hadis tolong-menolong. Istilah diberikan pemahaman bahwa menolong sesama itu merupakan bagian dari ibadah dan sikap saling menghormati sesama sebagai bagian dari ajaran Islam. Selain itu juga, praktik tolong menolong juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren, di mana para pesilat dan santri yang lain seringkali terlibat dalam kegiatan sosial seperti membantu membersihkan lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang lain. Dengan demikian implementasi ajaran tolong-menolong pencak silat agar bisa di pondok pesantren Darus Sholah tidak hanya menjadikan pesilat sebagai atlet yang handal, tetapi juga sebagai individu yang memiliki kesadaran sosial dan spiritual yang tinggi sesuai dengan ajaran agama Islam.
Kata Kunci: Implementasi, Tolong menolong, Living Hadis , Pencak Silat Pagar Nusa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mr. Yusuf Ramadhan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:57
Last Modified: 12 Jul 2024 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36374

Actions (login required)

View Item View Item