Sihir Perspektif Tafsir Fi Zilalil Quran Karya Sayyid Qutb

Alim, Muhammad Zainal (2024) Sihir Perspektif Tafsir Fi Zilalil Quran Karya Sayyid Qutb. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Zainal Alim_U20171061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Zainal Alim, H. Mawardi Abdullah, Lc, MA 2024: Sihir Perspektif Tafsir Fi Zilalil Quran Karya Sayyid Qutb
Kata Kunci: Sihir, Sayyid Qutb, Tafsir Fi Zilalil Quran
Sihir bukan hal asing dalam kehidupan masyarakat Islam, apalagi dengan adanya penjelasan dalam Al-Quran. walaupun kalangan ulama khususnya Mutazilah menyangsikan akan adanya sihir dalam kehidupan nyata. Namun mayoritas ulama khususnya kalangan ahl al-sunnah wal-jamaah membenarkan akan adanya sihir, dan malah merekomendasikan untuk mempelajarinya. Eksistensi sihir dalam kehidupan masih menjadi kontroversi bagi ulama tentang pengaruhnya dan ada dua kelompok ulama yang memiliki pendapat yang berbeda.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penafsiran Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilalil Quran terhadap ayat-ayat yang berhubungan dengan sihir? (2) Bagaimana hukum sihir perspektif Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilalil Quran?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui penafsiran Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilalil Quran tentang ayat-ayat sihir dalam Al-Quran, sehingga mampu memberikan pemahaman yang komplit tentang sihir beserta hukum sihir prespekti Sayyid Qutb.
Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, karena data yang dihadapi berupa pernyataan teks dan verbal. Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi ayat-ayat sihir dalam al-Quran dan merumuskannya menurut Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, karena sumber datanya berasal dari literatur-literatur tertulis yang berkaitan langsung dengan materi yang dikaji, baik berupa buku, maupun karya-karya dalam bentuk lainnya dengan menggunakan teknik analisis data content analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara global soal sihir dalam Al-Quran dengan memakai tafsirnya Sayyid Qutb, ialah sebagai berikut; 1) Sihir menurut pandangan Sayyid Qutb merupakan khayalan tipuan mata dan indra, bahkan sampai kepada tipuan rasa lalu tiba-tiba muncul sesuatu yang terasa seolah olah ia adalah kenyataan. Seperti seseorang melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada wujudnya atau melihat bentuk yang sebenarnya bukan bentuk aslinya. 2) Menurut penafsiran Sayyid Qutb memandang mempelajari dan melakukan sihir adalah haram karena perbuatan sihir sendiri mengandung kemusyrikan dan di dalamnya terdapat pelanggaran akidah dan adanya campur tangan setan. Tingkat keharaman sihir amat berat karena termasuk salah satu dosa besar dan Seakan-akan Al-Qur'an menganggap sihir dan mempergunakan ilmu sihir itu sebagai suatu kekafiran, dan Al-Qur'an meniadakan sihir itu dari Nabi Sulaiman dan menetapkannya bagi setan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Depositing User: Mr Muhammad Alim
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:17
Last Modified: 11 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36402

Actions (login required)

View Item View Item