Strategi Keunggulan Biaya Melalui Analisis Value Chain Pada Umkm Makecy Indonesia

Izza Muzaka, Dicky (2024) Strategi Keunggulan Biaya Melalui Analisis Value Chain Pada Umkm Makecy Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dicky Izza Muzaka_E20183075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dicky Izza Muzaka, Ana Pratiwi 2024: Strategi Keunggulan Biaya Melalui Analisis Value Chain Pada UMKM Makecy Indonesia
Kata Kunci: Strategi keunggulan biaya, analisis value chain, UMKM
Salah satu analisis yang dapat memberikan informasi dalam membuat biaya strategis yaitu rantai nilai (Value Chain) adalah proses di mana sebuah perusahaan mengidentifikasi kegiatan utama dan bantuan yang menambah nilai produk, kemudian menganalisisnya untuk mengurangi biaya.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana penerapan strategi keunggulan biaya melalui analisis value chain pada UMKM Makecy Indonesia.(2) Bagaimana dampak penerapan strategi keunggulan biaya melalui analisis value chain pada UMKM Makecy Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis penerapan strategi keunggulan biaya melalui analisis value chain pada UMKM Makecy Indonesia. (2) Untuk menganalisis dampak penerapan strategi keunggulan biaya melalui analisis value chain pada UMKM Makecy Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif merupakan strategi penelitian dimana didalamnya peneliti menyelidiki kejadian, fenomena kehidupan individu-individu dan meminta seorang atau sekelompok individu untuk menceritakan kehidupan mereka. Informasi ini kemudian diceritakan kembali oleh peneliti dalam kronologi deskriptif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa UMKM Makecy dalam hal ini sudah berusaha untuk melakukan penekanan biaya pada setiap aktivitas guna untuk mencapai keunggulan biaya. Adapun untuk keunggulan biaya perusahaan dalam aktifitas value chain, yaitu terletak pada bagian inbound logistic yaitu pada proses pengadaan bahan baku, pada bagian operation yaitu pada pengadaan kemasan, kemudian pada bagian outbound logistic yaitu pada proses distribusi. Analisis value chain dapat diterapkan untuk mencapai strategi cost leadership, karena analisis ini memandang perusahaan sebagai rangkaian aktivitas yang saling berkaitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Dicky Izza Muzaka
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:55
Last Modified: 11 Jul 2024 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36405

Actions (login required)

View Item View Item