Model Penyajian Laporan Keuangan Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember

muzaki, sahrul hisam (2024) Model Penyajian Laporan Keuangan Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-090-AKSYA-2024)
Sahrul Hisam_E20183065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sahrul Hisam Muzaki, 2024 : Model Penyajian Laporan Keuangan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember.
Kata Kunci : Model Penyajian Laporan Keuangan, Akuntansi Pondok Pesantren, dan Pondok Pesantren.
Pada dasarnya pesantren termasuk lembaga yang dapat di kategirkan sebagai lembaga nirlaba yang mana tujuan awalnya bukanlah untuk menumpuk keuntungan. Organisasi nirlaba atau organisasi yang tidak bertujuan memupuk keuntungan memiliki ciri-ciri yaitu : Sumber daya entitas, Menghasilkan barang/jasa tanpa bertujuan menumpuk laba, Tidak ada kepemilikan seperti lazimnya pada organisasi bisnis.
Berdasarkan uraian diatas, maka fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana model penyajian laporan keuangan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum? 2). Apa kendala dalam menerapkan Akuntansi Pesantren di Pondok Pesantren Madinatul Ulum? 3). Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam menerapkan Akuntansi Pesantren di Pondok Pesantren Madinatul Ulum?
Penelitian ini bertujuan untuk :1). Untuk mengetahui bagaimana model penyajian laporan keuangan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. 2). Untuk mengetahui apa saja kendala dalam menerapkan Akuntansi Pesantren di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. 3). Untuk mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam menerapkan Akuntansi Pesantren di Pondok Pesantren Madinatul Ulum.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh.
Hasil Penelitian ini adalah pencatatan keuangan yang dilakukan Pondok Pesantren Madinatul Ulum merupakan pencatatan yang sederhana. Dalam mencatat aktivitas keuangan, pondok pesantren hanya mencatat seluruh transaksi yang dilakukan pondok pesantren yaitu pemasukan dan pengeluaran. Laporan Keuangan pondok pesantren Madinatul Ulum hanya sebatas pengurus bagian keuangan dan Ketua Yayasan pondok saja yang mengetahuinya serta tidak dipublikasikan pada semua pihak yang ada di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Dhoni Andana
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:46
Last Modified: 19 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36408

Actions (login required)

View Item View Item