Implementasi Fatwa- DSN-MUI No. 92/ /IV/2014 Terhadap Penentuan ujrah Dalam Produk Pembiayaan rahn Pada KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso

Dwi Cahyadi, Dimas (2024) Implementasi Fatwa- DSN-MUI No. 92/ /IV/2014 Terhadap Penentuan ujrah Dalam Produk Pembiayaan rahn Pada KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Watermak DIMAS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK
Dimas Dwi Cahyadi, Dr. Hj. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si, 2023: Implementasi Fatwa- Dsn-MUI No. 92/ /IV/2014 Terhadap Penentuan ujrah Dalam Produk Pembiayaan rahn Pada KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso
Kata Kunci: Fatwa, Gadai (rahn), marhun
Fatwa No. 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang Pembiayaan yang disertai rahn (gadai) mengatur tentang ketentuan-ketentuan pembiayaan rahn, termasuk penentuan ujrah (biaya pemeliharaan dan penyimpanan marhun). KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang memberikan produk pembiayaan rahn.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : Pertama, Bagaimana mekanisme penentuan ujrah dengan menggunakan akad rahn di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso? Kedua, Bagaimana Implementasi Fatwa- Dsn-MUI NO. 92/ /IV/2014 terhadap praktik penentuan ujrah dalam produk pembiayaan rahn di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah : Pertama, Untuk mengetahui mekanisme penentuan ujrah dengan menggunakan akad rahn di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso. Kedua, Untuk mengetahui Implementasi Fatwa- Dsn-MUI No. 92/ /IV/2014 terhadap praktik penentuan ujrah dalam produk pembiayaan rahn di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam produk pembiayaan dengan menggunakan akad rahn yaitu: Pertama, Pihak BMT mengenakan ujrah atas penjagaan marhun sebesar 2% yang didasarkan pada jumlah pembiayaan dari nasabah. Berdasarkan Fatwa No. 92/DSN-MUI/IV/2014 penentuan ujrah yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso ini belum sesuai, karena seharusnya dalam penentuan ujrah atas marhun itu didasarkan pada biaya pemeliharaan marhun yang nominalnya ditentukan diawal akad bukan berdasarkan persentase. Kedua, Mekanisme penentuan upah dengan menggunakan akad rahn di KSPP Syariah BMT NU Jawa Tlmur Cabang Wringin Bondowoso. Besaran pinjaman yang diperoleh 80% dari taksiran harga barang dengan masa maksimal 4 bulan dan dapat diperpanjang selama 3x dan besar ujrah yakni Rp 6 dari kelipatan 10.000 yang dilbulatkan menjadi 2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: dimas dwi cahyadi
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:43
Last Modified: 11 Jul 2024 04:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36412

Actions (login required)

View Item View Item