Pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan jalanan besuki membaca untuk membangun minat baca masyarakat Di Pendopo Alun-Alun Besuki Kabupaten Situbondo

Aulia Haqi, Imas Rohil (2024) Pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan jalanan besuki membaca untuk membangun minat baca masyarakat Di Pendopo Alun-Alun Besuki Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
IMAS ROHIL AULIA HAQI_D20172022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Minat Baca; Pemberdayaan Masyarakat; Perpustakaan Jalanan.
Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca Untuk Membangun Minat Baca Masyarakat Di Pendopo Alun-Alun Besuki Kabupaten Situbondo”. Pemberdayaan Masyarakat perpustakaan jalanan menjadi berarti bagi masyarakat tentang bagaimana mengupayakan masyarakat untuk melatih dan mendidik masyarakat agar dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan masyarakat dengan meningkatkan minat baca. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini ada dua, diantaranya: 1) Bagaimana bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program perpustakaan jalanan Besuki Membaca di Pendopo Alun-alun Besuki Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberdayaan melalui program perpustakaan jalanan besuki Besuki Membaca di Pendopo Alun-alun Besuki Kabupaten Situbondo? Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) menggambarkan dan mendeskripsikan bentuk pemberdayaan masyarakat pada program perpustakaan jalanan Besuki Membaca. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat bagi masyarakat sekitar terhadap pemberdayaan masyarakat melalui program perpustakaan jalanan Besuki Membaca.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola dan pengunjung dari Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca yang terletak di alun-alun pendopo. Pemilihan informan dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dalam skripsi ini peneliti memperoleh kesimpulan 1) bentuk pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan jalanan dilakukan, Penyediaan membaca Akses Buku dan Sumber Bacaan, Pengembangan Minat dan Bakat, Peningkatan Kesadaran Sosial. 2) Tahapan pemberdayaan masayarakat melalui perpustakaan jalanan ialah beberapa tahap mulai dari, perencanaan, proses kegiatan, evaluasi, manfaat pemberdayaan masyarakat. 3) faktor pendukung dalam kegiatan pemberdayaan mulai dari rembug, program dengan cara memberikan donasi buku, faktor penghambat kurangnya bahan bacaan atau buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Imas Rohil Aulia Haqi
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:05
Last Modified: 12 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36451

Actions (login required)

View Item View Item