Implementasi Strategi Triple Helix Dalam Pengembangan Bisnis UMKM Di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA)

Wafa, Moh. Nailul (2024) Implementasi Strategi Triple Helix Dalam Pengembangan Bisnis UMKM Di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHAMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WAFA_SKRIPSI_REVISI_2-1[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Moh. Nailul Wafa, Siti Masrohatin, 2024: Implementasi Strategi Triple Helix Dalam Pengembangan Bisnis UMKM Di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA).

Teori Triple Helix yang dipopulerkan oleh Etzkowitz dan Leydersdorff pada tahun 1995 merupakan suatu pendekatan dalam menciptakan sinergi kerja sama dari tiga aktor yaitu akademik, bisnis, dan pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy). JEKA (Jember Ekonomi Kreatif) merupakan suatu komunitas yang bergerak di bidang pengembangan bisnis usaha kecil. Di Jember terdapat sekitar kurang lebih 200 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan semuanya telah terdaftar di komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA) yang saling bersinergi, gotong royong mengembangkan usahanya dengan berbagai ilmu satu sama lain.
Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, 1) Bagaimana implementasi strategi Tripel Helix oleh pemerintah pada pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif 2) Bagaimana implementasi strategi Tripel Helix oleh akademisi pada pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif 3)Bagaimana implementasi strategi Tripel Helix oleh pelaku bisnis pada pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif.
Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Dalam hal ini yaitu implementasi strategi Tripel Helix oleh pemerintah pada pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Bentuk implementasi strategi pemerintah dalam pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA) yakni sebagai katalisator yang berupa mempercepat proses berkembangnya UMKM menjadi fast moving enterprise, sebagai fasilitator dalam hal ini berupa pendampingan dan penyediaan pelatihan serta pengadaan bazar UMKM, sebagai regulator yang berupa memberikan regulasi dan perlindungan hak cipta pada UMKM. 2) Bentuk implementasi strategi akademisi dalam pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA) yakni memberikan inovasi serta ide baru kepada pelaku UMKM, memberikan pengetahuan bagaimana cara memasarkan produk sesuai perkembangan tekhnologi saat ini. 3) Bentuk implementasi strategi pelaku bisnis dalam pengembangan bisnis di Komunitas Jember Ekonomi Kreatif (JEKA) yakni menciptakan produk yang diinginkan oleh konsumen.

Kata kunci: Triple Helix, Pengembangan Bisnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Moh. Nailul Wafa
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:23
Last Modified: 12 Jul 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36460

Actions (login required)

View Item View Item