Pengaruh E-commerce Shopee Dan Digital Payment Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Solehah, Arifatus (2024) Pengaruh E-commerce Shopee Dan Digital Payment Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arifatus Solehah_204105020143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Teknologi dan informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga memunculkan fasilitas seperti e-commerce dan digital payment yang sedikit banyak telah memudahkan seseorang dalam memilih bahkan membeli kebutuhan dan keinginannya dengan cepat. Jika hal ini terjadi secara konsisten, tentu akan mengubah perilaku konsumen atau pola konsumsi seseorang.
Rumusan masalah penelitian ini antara lain: 1. Apakah terdapat pengaruh adanya e-commerce Shopee terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2. Apakah terdapat pengaruh digital payment terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3. Apakah terdapat pengaruh e-commerce Shopee dan digital payment terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh e-commerce Shopee terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2. Untuk mengetahui pengaruh digital payment terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 3. Untuk mengetahui pengaruh e-commerce Shopee dan digital payment terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 113 sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data primer dan diolah menggunakan SPSS versi 24.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara variabel e-commerce Shopee (X1) terhadap pola konsumsi (Y), frekuensi terpaan, selecive attention, kepercayaan serta pendapat dan pembujukan menunjukkan bahwa e-commerce shopee berpengaruh terhadap pola konsumsi. 2. Digital payment (X2) berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi (Y). Persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, keamanan, pengaruh orang lain dan behavior intention berpengaruh terhadap perubahan pola konsumsi mahasiswa. 3. E-commerce Shopee (X1) dan digital payment (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pola konsumsi (Y) sebesar 36,2%.
Kata kunci: E-commerce Shopee, Digital Payment dan Pola Konsumsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi arifatus solehah
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:16
Last Modified: 12 Jul 2024 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36465

Actions (login required)

View Item View Item