Implementasi pembelajaran fiqih melalui kitab Mabadi'ul fiqhiyah Juz 1 Awaliyah Di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember

Yulianto, Muhamad (2024) Implementasi pembelajaran fiqih melalui kitab Mabadi'ul fiqhiyah Juz 1 Awaliyah Di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
update Revisi sidang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhamad Yulianto, 2024 : “Implementasi Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 Awaliyah Di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember.”
Kata kunci: Implementasi , Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1.
Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember memiliki salah satu program pembelajaran fiqih yang dirancang khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan sumber rujukan kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. Hal ini diterapkan agar santri di madrasah diniyah salafiyah memiliki pemahaman tentang fiqih. Karena kemampuan membaca kitab kuning yang belum banyak peserta didik menguasainya dan juga pemahaman fiqih pun berbeda-beda.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 3 bab thaharah di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember?. (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 3 bab thaharah di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember?. (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 3 bab thaharah di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember?.
Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 3 bab thaharah di Madrasah Diniyah Salafiyah Curah Kates Ajung Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah dari milles and huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz1 belum dilakukan secara tertulis, tetapi para Ustadz sudah mampu untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan sub Bab yang terdapat di dalam kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1 sudah dilaksanakan, Ustadz yang mengajar di Madrasah Diniyah sudah mampu dan bisa mengelola kelas dengan baik, yaitu dari segi menjelaskan, memberikan umpan balik, dan memberikan contoh dalam pembelajaran sudah dilakukan dengan maksimal. Ustadz juga sudah melaksanakan langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran seperti kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Evaluasi Pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah dilakukan dengan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif dilakukan setiap satu kali setelah kegiatan pembelajaran berlangsung, dan evaluasi sumatif dilakukan setiap akhir semester. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa mengenai evaluasi pembelajaran Fiqih dalam Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah Juz 1di Madrasah Diniyah Salafiyyah Curah Kates Ajung Jember sudah terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhamad Yulianto
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:26
Last Modified: 12 Jul 2024 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36467

Actions (login required)

View Item View Item