Wardani, Firda Trisna (2024) Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Aluminium Toko Barokah Di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-171-ES-2024)
Firda Trisna Wardani_E20182103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Strategi pengembangan usaha kerajinan alumunium merupakan bentuk pengembangan terhadap produk kerajinan alumunium, peningkatan produk, pengembangan usaha dan inovasi perkembangan usaha kerajinan alumunium toko barokah. Pengembangan usaha dalam mengevaluasi peluang pasar sehingga produk bisa berkembang dan menambah produk baru dan produk inovasi baru.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pengembangan usaha kerajinan aluminium toko Barokah di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi ? 2) Apa saja kendala dan faktor pendukung serta penghambat strategi pengembangan usaha kerajinan aluminium toko Barokah di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). untuk mengetahui implementasi strategi pengembangan usaha kerajinan aluminium toko barokah di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru. 2). Untuk mengetahui kendala dan faktor pendukung serta penghambat strategi pengembangan usaha kerajinan aluminium toko barokah di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian di toko Barokah Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verikasi atau kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1 Strategi pengembangan usaha kerajinan alumunium di toko Barokah banyak menerapkan strategi integrasi, strategi intensif, strategi diversitas dan strategi defensif. Dalam tahapan pengembangan usaha diperlukan ide usaha, penyaringan ide dan konsep, pengembangan rencana usaha, implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha serta menggunakan pengenalan metode SWOT untuk pemfokusan sasaran, strategi dan teknik, penggunaan informasi internal sebagai media pembanding arah kebijakan. 2) Kendala strategi pengembangan usaha kerajinan alumunium dipengaruhi oleh riset pasar yang mendalam, optimalisasi faktor sumber daya manusia serta strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan perkembangan usaha kerajinan, pengelolaan keuangan, serta mengevaluasi keluhan dan kebutuhan pembeli melalui survei atau pendekatan langsung yang disesuaikan dengan kebutuhan unit usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Firdatrisna wardani |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 06:15 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36469 |
Actions (login required)
View Item |