Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Ajung

SYAMSUL, HUDA (2020) Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Ajung. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Syamsul Huda_084 131 503.pdf

Download (5MB)

Abstract

Syamsul Huda, 2020: “Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Ajung”. Skripsi ini mengkaji tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam hal pelaksanaan evalusi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang berkaban dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islarn dan budi pekerti di SMPN 1 Ajung. Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah untuk menumbuhkan pola kepribadian manusia yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan otak, penalaran, perasaan dan indera. Dalam tujuan pendidikan agama Islam ini juga menumbuhkan manusia dalam semua aspek, baik aspek spiritual, intelektual, imajinasi, jasmaniah, maupun aspek ilmiah, baik perorangan ataupun kelompok. Fokus penelitian adalah 1). Bagaimanakah implementasi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Ajung?. 2). Apa saja saja factor-faktor pendukung dan kendala implementasi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Ajung?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui proses implementasi evaluasi pembelajaran di SMPN 1 Ajung. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan kendala guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMPN 1 Ajung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif Jenis penelitian menggunakan study kasus, penentuan informasi menggunakan metode Purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menguunakan reduksi data , penyajian data , dan ve r ifika s i data .. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi surnber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. evaluasi di SMPN 1 Ajung, yang lebih tepatna yang diterapkan di kelas IX (sembilan), proses evaluasinya umum seperti yang diterapkan disekolah lain. 2. Faktor pendukung evaluasi meliputi, a) Adanya aplikasi penilaian K13 ang telah di sediakan oleh pihak sekolah.b) Proyektor yang disediakan oleh sekolah atau proyektoer yang di bawa sendiri oleh guru pamong. Sedangkan. sedangkan faktor-faktor penghambat evaluasi dikelas IX (sembilan) adalah a)Banyak siswa yang tidak memahami materi yang di sampaikan ketika proses KBM berlangsung dan Minat siswa untuk menguasai materi pun juga kurang. b) Dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan media sosial, seakan-akan siswa sudah asik bermain dengan teman kelas. c) Pada saat evaluasi berlangsung ada beberapa siswa yang masih membawa hp,walaupun dari pihak sekolahan sudah melarang membawa hp di sekolah. d) Kurangnya media pembelajaran, sehingga murid kurang tertarik dengan materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:55
Last Modified: 21 Mar 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item