Produktivitas Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kube Craft Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Lauziah, Shofia (2024) Produktivitas Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kube Craft Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Shofia Lauziah Watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Shofia Lauziah, Nikmatul Masruroh, M.E.I. 2024 : Produktivitas Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kube Craft Balung Tutul Kecamatan Balung.
Kata Kunci: Produktivitas Kerja Perempuan, Pendapatan Keluarga
Produktivitas tenaga kerja perempuan adalah produk dari seorang wanita yang melakukan suatu kegiatan yang menghasilan pendapatan unuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Produkstivitas tenaga kerja perempuan akan meningkat kembngkan sikap mental yang saling berkesenimbungan dan percayalah bahwa tidak hanya itu membebani negara, namun dapat menimbulkan pemasukan bagi keluarga bahkan negara.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana produktivitas kerja karyawan perempuan di Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember? (2) Bagaimana implikasi kerja karyawan perempuan pada pendapatan keluarga di Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui produktivitas kerja karyawan perempuan di Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. (2) Mengetahui implikasi kerja karyawan perempuan pada pendapatan keluarga di Desa Balung Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode purposif digunakan untuk mengumpulkan data wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Metode analisis ini deskriptif dan metode trianggulasi sumber digunakan untuk menilai keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) produktivitas kerja perempuan di wadai dengan baik oleh industri Kube Craft ini, karena industri ini lebih diutamakan karyawan perempuan ketimbang laki-laki, karena di industri tersebut seorang perempuan bisa menghasilkan dan meningkatkan pendapatan Iindutri tersebut. 2) keterlibatan terhadap meningkatkan pendapatan keluarga sudah tercukupi semenjak membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang ada disekitar, dan sangat membantu sekali pengurangi angka penganggugguran yang awalnya angka pengangguran terhitung 75% sekarang menjadi 25% untuk angka penganggurannya entah itu dari seorang pekerja perempuan dan laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shofia Lauziah
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:44
Last Modified: 12 Jul 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36483

Actions (login required)

View Item View Item