Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Bahan Alam Pada Kelompok B Di TK Harapan Bangsa Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Sholihah, Uniatus (2024) Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Bahan Alam Pada Kelompok B Di TK Harapan Bangsa Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Hj Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak revisian ok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Uniatus Sholihah. 2024: "Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Bahan Alam Pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023".

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Media Bahan Alam

Kemampuan berhitung merupakan daya untuk melakukan suatu tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan. Sejalan dengan perkembangan kemampuannya anak dapat meningkat ketahap pengertian mengenai jumlah, yaitu yang berhubungan dengan penjurnlah dan pengurangan.

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember? (3) Bagaimana hasil penilaian dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember?

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember (2) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember (3) Mendeskripsikan penilaian dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam pada Kelompok B di TK Harapan Bangsa Silo Jember.

Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini: (1) Perencanaan dalam mengembangkan kemampuan

berhitung anak melalui media bahan alam guru menyediakan sumber belajar yang sesuai dan guru mengatur alokasi waktu yang sesuai untuk pembelajaran media bahan alam dalam jadwal harian dan mingguan. (2) Pelaksanaan dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam guru mengelola tempat duduk terlebih dahulu dan individu secara bergantian, dengan begitu dapat mempermudah saya sebagai guru dalam penyampaian kegiatan pembelajaran kemampuan berhitung yang terdiri dari 10 angka beserta batunya. (3) Penilaian guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam guru memberikan lembar kerja siswa yang berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didk sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penggunaan LKS adalah untuk membantu dan mempermudah kegiatan pembelajaran, serta meningkatkan interaksi yang efektif antara peserta didik dengan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ms UNIATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:34
Last Modified: 12 Jul 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36495

Actions (login required)

View Item View Item