HALIMATUL LAILY, SAFITRI (2020) Implementasi Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer/Online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Halimatul Laily Safitri_T20164016.pdf Download (7MB) |
Abstract
Halimatul Laily Safitri, 2020: Implementasi Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer/Online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penilaian Akhir Semester merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi peserta didiknya setiap akhir semester. Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi dalam mengevaluasi peserta didik menerapkan Penilaian Akhir Semester berbasis komputer/online dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi atau kemampuan peserta didik selama satu semester. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 2 yaitu, 1) Bagaimana perencanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pelaksaaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online, dan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online, serta untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksaaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive, yaitu teknik pemilihan informan yang dipandang dapat bisa memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan dalam penelitian, informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas VI, dan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep dari Hubberman dan Milles yaitu kondensasi, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil dari penelitian penilaian akhir semester berbasis komputer/online di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 ini adalah 1) Perencanaan. yaitu Pertama, Rapat mengenai Penilaian Akhir Semester. Kedua, Verifikasi Infrastruktur. Ketiga, penetapan sekolah penyelenggara Penilaian Akhir Semester. Keempat, pembagian jadwal penilaian akhir semester. 2) Pelaksanaan. Yaitu Pertama, Ujian Simulasi yang penilaian akhir semester berbasis komputer/online. Kedua, pelaksanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online. 3) Evaluasi. Dalam pelaksanaan penilaian akhir semester berbasis komputer/online adanya kendala dalam pelaksanaan dan adanya rapat antara wali murid dengan guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah 1 Sukonatar Srono Banyuwangi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 01:35 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 08:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3651 |
Actions (login required)
View Item |