Implementasi Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal Pada Santri Kelas Ii Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember Tahun 2023/2024

AISYAH, SITI (2024) Implementasi Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal Pada Santri Kelas Ii Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-182-PAI-2024)
SITI AISYAH_T20191165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Siti Aisyah, 2024. Iplementasi Strategi Direct Instrction dalam Pembelajaran Kitab
Tuhfatul Athfal pada Santri kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat
Jember Tahun 2023/2024.
Kata Kunci: Strategi Direct Instruction, Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal
Kitab tuhfatul athfal merupakan kitab yang berisi ilmu tajwid dalam mempelajari
Al-Qur‟an. Kitab Tuhfatul Athfal dijadikan salah satu program mata pelajaran di
Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah pada kelas II Ula dengan tujuan dapat
membantu meningkatkan pemahaman Ilmu Tajwid dan meningkatkan kemampuan para
santri dalam membaca Al-Qur‟an. Sebelumnya pada kelas satu santri sudah
mempelajari dasar-dasar ilmu tajwid menggunakan kitab hidayatus shibyan. Dan pada
kelas dua santri mempelajari ilmu tajwid menggunakan kitab Tuhfatul Athfal dan
dengan strategi yang lebih efektif, biasanya dikelas satu guru hanya mengedepankan
strategi Praktik dan Menghafal nadzomannya saja, namun dalam Pembelajaran Tuhfatul
Athfal guru memilih strategi pembelajaran langsung (Direct Instruction) dan
dikombinasikan dengan strategi lama yakni praktik serta menghafal yang diharapkan
dapat membantu mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran Tuhfatul Athfal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi Direct
Instruction dalam pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal pada santri kelas II di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember tahun 2023/2024? 2) Bagaimana
Evaluasi Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal menggunakan Strategi Direct Instruction
pada Santri Kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember tahun
2023/2024 ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi
Direct Instruction dalam pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal pada santri kelas II di
Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember tahun 2023/2024. 2) Untuk
mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal menggunakan strategi
Direct Instruction pada santri kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah
Kalisat Jember tahun 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan
(Field Research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui
beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji
kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pelaksanaan strategi Direct Instruction dalam
pembelajaran kitab tuhfatul athfal pada santri kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Lathifiyah Kalisat Jember tahun 2023/2024 sudah berjalan sesuai dengan langkah�langkahnya, meliputi: a) Dimulai dari pendidik membuka kegiatan pembelajaran
tuhfatul athfal dengan salam, b) Pembacaan do‟a serta nadzom tuhfatul athfal yang
dipimpin oleh pengajar, c) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
mempersiapkan siswa, d) Penyajian materi, e) Siswa melakukan praktik membaca Al�Qur‟an secara individu, f) Guru melakukan tanya jawab serta pemberian umpan balik,
g) Latihan mandiri, h) Pembacaan do‟a selesai pembelajaran secara bersama. 2)
Evaluasi Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal menggunakan Strategi Direct Instruction
pada santri kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah Lathifiyah Kalisat Jember tahun
2023/2024 meliputi evaluasi harian, evaluasi kenaikan kelas, dan remedi (ujian ulang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs SITI AISYAH
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:37
Last Modified: 01 Aug 2024 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36513

Actions (login required)

View Item View Item