Wahyu Alfia, Bramasta (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Optimalisasi Pendidikan Akhlakul Karimah Di Sekolah Menengah Atas Islam Mayang Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (SK-185-PAI-2024)
BRAMASTA WAHYU ALFIA T20181447.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Optimalisasi, Pendidikan Akhlakul Karimah.
Akhlak adalah tabiat atau tingkah laku yang dimiliki oleh setiap individu. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan tidak sedikit guru-guru dari sekolah
lain yang heran dengan siswa/siswi yang awalnya dipindahkan dari sekolah dengan alasan peringainya yang kurang baik, semangat belajarnya kurang ataupun
macam-macam pelanggaran yang dilakukan disekolah asal, setelah dipindahkan ke Sekolah Menengah Atas Islam Mayang Jember para guru melihat perubahan-perubahan baik yang signifikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Peran Guru Pendidikan
Agama Islam Sebagai Penasehat dalam Optimalisasi Pendidikan Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah Atas Islam Mayang Jember, 2) Mengetahui Peran
Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Teladan dalam Optimalisasi Pendidikan
Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah Atas Islam Mayang Jember, 3)
Mengetahui factor pendukung dan penghambat Peran Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Optimalisasi Pendidikan Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah
Atas Islam Mayang Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subyek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama
Islam dan peserta didik. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, dan
Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber
dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran guru sebagai penasehat
adalah dengan membimbing peserta didik secara tulus dilingkungan sekolah
dengan cara mempengaruhi peserta didik untuk berlomba-lomba dalam kebaikan
dan selalu memberikan arahan bagaimana akhlakul karimah yang sesuai dengan
apa yang sudah dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, 2) Peran guru
sebagai teladan adalah dengan mencontohkan dan mengaplikasikan secara
langsung dalam kegiatan sehari-hari baik dalam lingkungan sekolah maupun
diluar lingkungan sekolah, 3) Faktor pendukung peran guru dalam pembinaan
akhlak siswa penggunaan metode yang efektif mudah dipahami serta dengan
langsung mencontohkan apa yang sudah dipelajari dilingkungan sekolah
utamanya untuk dicontoh dan diterapkan dikehidupan sehari-hari sehingga siswa
mudah memahami, tidak merasa terbebani dari materi yang diberikan. Faktor
penghambat adalah kurangnya waktu dalam pembeajaran dan guru tidak dapat
mengkontrol lingkungan dan pergaulan yang ada disekitar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Bramasta Wahyu Alfia |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36541 |
Actions (login required)
View Item |