Inovasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 1 Bondowoso

Siti, Masyarafatul Manna Wassalwa (2024) Inovasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 1 Bondowoso. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
DISERTASI SITI MASYARAFATUL MANNA WASSALWA 0842919015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar
Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi membawa dampak positif
bagi dunia pendidikan. Diantara madrasah yang membuat terobosan merancang
inovasi pembelajaran menggunakan media digital yaitu MTs Negeri 1 Bondowoso
yang mampu menerapkan kurikulum nasional plus yaitu memadukan kurikulum
Kementerian Pendidikan nasional dan Kementerian Agama ditambah dengan
kurikulum lokal, dalam pembelajaran lebih menekankan pada pendekatan active
dan cooperative learning.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan inovasi
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1
Bondowoso pada materi Sejarah Kebudayaan Islam? 2) Bagaimana inovasi media
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1
Bondowoso pada materi Sejarah Kebudayaan Islam? Penelitian ini bertujuan: 1)
Menemukan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Bondowoso pada materi Sejarah
Kebudayaan Islam. 2) Menemukan inovasi pembelajaran yang terintegrasi dengan
media pembelajaran interaktif dan kontekstual yang dapat meningkatkan motivasi
siswa di MTs Negeri 1 Bondowoso pada materi Sejarah Kebudayaan Islam.
Konsep dan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini meliputi
beberapa aspek teori yaitu: 1) Teori inovasi pembelajaran (Resgelluth, Bruner,
David Asubel) 2) Teori motivasi (Ivan Pavlov, skinner) 3) Social Cognitive
Theory (Badura). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualititatif,
dengan jenis studi kasus, serta teknik penggalian data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini adalah bahwa; 1). Konseptualisasi inovasi
pembelajaran dibangun melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning), Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Pembelajaran
Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), Pembelajaran Berbasis Teknologi
(Technology Based Learning) dan Pembelajaran Holistik (Holistic Learning) 2).
Implementasi inovasi pembelajaran di MTs Negeri 1 Bondowoso melalui
kurikulum diperkaya dengan manajemen kelas, guru berstandart, pengelolaan
media dan evaluasi menggunakan pendekatan tes dan non tes meliputi aspek
pengetahuan, sikap dan keterampilan, sehingga motivasi belajar siswa semakin
meningkat

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Masyarafatul Manna Wassalwa
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:11
Last Modified: 15 Jul 2024 05:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36552

Actions (login required)

View Item View Item