Analisis Nilai-Nilai Seni Tari Lahbako Dalam Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung

Isnaini, Lailatul (2024) Analisis Nilai-Nilai Seni Tari Lahbako Dalam Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Isnaini_202101090040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Tari Lahbako, Sumber Belajar, IPS.
Nilai-nilai seni tari lahbako dalam pemanfaatannya sebagai sumber belajar IPS bertujuan agar pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai aspek dari lingkungan sebagai penunjang keberhasilan pendidikan di sekolah. Dengan kata lain, segala sesuatu yang ada di lingkungan dapat dijadikan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa, termasuk nilai-nilai seni tari lahbako. Ini juga dapat meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan diri mereka dalam pembelajaran IPS.
Fokus Penelitian adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai seni tari lahbako sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 1 Ajung?, 2) Bagaimana dampak nilai-nilai seni tari lahbako dalam pemanfaatannya sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 1 Ajung?.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Lokasi penelitian ini bertempat di SMP Negeri 1 Ajung. Penentuan subyek dengan menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari peneltian ini menyimpulkan bahwa: 1) implementasi nilai-nilai seni tari lahbako sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 1 Ajung sesuai dengan kurikulum sekolah. Proses pembelajaran melibatkan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan menggunakan modul ajar, media, serta metode yang bervariasi telah meningkatkan minat, motivasi, partisipasi, dan mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Integrasi ini juga memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya melestarikan warisan budaya dalam konteks pendidikan IPS. 2) Dampak nilai-nilai seni tari lahbako sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 1 Ajung memberikan dampak positif, mendorong mereka untuk lebih aktif, termotivasi, dan berkembang sesuai dengan potensi individu mereka. Dan juga belajar mempertahankan dan mengaplikasikan nilai-nilai budaya lokal dalam menghadapi tantangan globalisasi. Hasilnya adalah peningkatan signifikan dalam pemahaman dan performa akademis, serta kemampuan untuk menjadi individu bermoral dan berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190504 Performance and Installation Art
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Lailatul Isnaini
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:30
Last Modified: 15 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36555

Actions (login required)

View Item View Item