Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Kelas VIII A MTs Raudlatul Muta'allimin Gelang Ditinjau dari Self Concept

Hasanah, Uswatun (2024) Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Kelas VIII A MTs Raudlatul Muta'allimin Gelang Ditinjau dari Self Concept. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah 205101070014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penalaran analogi merupakan salah satu keterampilan yang membantu
siswa dalam memahami masalah. Dengan penalaran analagi memungkinkan untuk
siswa memanfaatkan pengetahuan yang sudah dimiliki untuk memahami dan
menyelesaikan masalah baru. Self concept atau konsep diri siswa juga menjadi
aspek krusial dalam proses belajar mengajar. Konsep diri yang positif dapat
meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan masalah matematika
yang komplekas. Sebaliknya, konsep diri yang negatif dapat menghambat
kemampuan siswa dalam menggunakan penalaran analogi secara efektif.
Penelitian ini memiliki tujuan intuk mendeskripsikan 1) penalaran analogi
siswa kelas VIII A MTs Raudlatul Muta'allimin Gelang dalam menyelesaikan
masalah bangun ruang ditinjau dari self concept tinggi, sedang dan rendah.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuakitatif deskriptif. Adapun
penelitian dilaksanakan dj MTs Raudkatul Muta'allimin Gelang kelas VIII A
dengan jumlah 20 siswa. Subjek yang dipilih sebanyak 3 siswa dengan rincian 1
siswa self concept tinggi, 1 siswa self concept sedang, dan 1 siswa self concept
rendah. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil angket self concept dan
rekomendasi dari guru matematika. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data berupa angket self concept, tes penalaran analogi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan dakam melakukan analisis data menggunakan model
Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penatikan
kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) penalaran analogi siswa dengan self
concept tinggi mampu melakukan semua tahapan penalaran analogi yaitu tahap
enconding, inferring, mapping dan appliying, 2) penalaran analogi siswa dengan
self concept sedang mampu menggunakan semua tahapan penalaran analogi,
namun pada tahap enconding dan appliying siswa belum melakukan dengan
sempurna, dan 3) penalaran analogi siswa dengan self concept rendah hanya
melakukan tahap inferring dan mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Ananda Uswaa
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:35
Last Modified: 15 Jul 2024 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36561

Actions (login required)

View Item View Item