Penerapan Metode Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B2 Di Raudhatul Athfal MAN 2 Jember

Kurnia Ramadhani, Devi (2024) Penerapan Metode Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B2 Di Raudhatul Athfal MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
PENERAPAN METODE MONTESSORI DEVI FIX WISUDA 1 (1)-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (42MB)

Abstract

Kelompok B2 di Raudhatul Athfal MAN 2 Jember memiliki masalah
kurangnya kemampuan membaca permulaan diakibatkan karena media yang
digunakan masih menggunakan majalah, sehingga minat membaca peserta didik
masih kurang. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode
montessori untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas peneliti memutuskan
permasalahan: apakah metode montesori dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan pada kelompok B2 di Raudhatul Athfal MAN 2 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah metode montessori
dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B2 di
Raudhatul Athfal MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari II siklus, dimana setiap siklusnya terdapat dua pertemuan dan setiap siklusnya
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif secara presentase.
Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi waktu, triangulasi sumber,
triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
membaca permulaan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya
persentase siklus I sebesar 63,33% dan pada siklus II sebesar 85%. Begitu pula
dengan persentasi keaktifan guru dan peserta didik pun mengalami peningkatan.
Pada keaktifan guru siklus I sebesar 53,1% dan keaktifan peserta didik pada siklus
II sebsar 80,7%. Keaktifan guru pada siklus II yaitu sebesar 90,6% dan keaktifan
peserta didik sebesar 90,3%. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa penerapan metode
montessori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok
B2 di Raudhatul Athfal MAN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Devi Kurnia Ramadhani
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:05
Last Modified: 15 Jul 2024 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36568

Actions (login required)

View Item View Item