Pengaruh Manajemen Pembinaan Peserta Didik Terhadap Nilai Mata Pelajaran Keagamaan Di Kelas VIII A MTSN 10 Jember

Asfarina, Izzah (2024) Pengaruh Manajemen Pembinaan Peserta Didik Terhadap Nilai Mata Pelajaran Keagamaan Di Kelas VIII A MTSN 10 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZAH ASFARINA DISTRIBUSI-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Izzah Asfarina, 2024: Pengaru Manajemen Pembinaan Peserta Didik Terhadap Nilai Mata Pelajaran Keagamaan Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Kata Kunci: Manajemen Pembinaan, Nilai Mata Pelajaran Keagamaan
Manajemen Pembinaan merupakan seni dalam melakukan pekerjaan dengan memberikan kegiatan-kegiatasn dan pelayanan konseling untuk siswa sesuai kebutuhan, potensi, minat, dan bakatnya sehingga dapat mencapai tujuan yang telah di tentukan oleh sekolah, serta manajemen tersebut merupakan langkah awal lembaga sekolah melakukan pengelolaan untuk kemajuan sekolah. Melalui manajemen pembinaan peserta didik ini, minat bakata dan potensi siswa dapat dikembangkan secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pembinaan peserta didik terhadap nilai mata pelajaran keagamaan peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.Tujuan penelitian ini adalah, untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara manajemen pembinaan peserta didik terhadap nilai mata pelajaran keagamaan peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana Menggunakan SPSS 16. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII. Jumlah sampel penelitian ini adalah 20 0rang dengan menggunakan teknik proposional Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan memperhatikan proporsi atau kategori jumlah responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi Penelitian ini memperoleh kesimpulan Manajemen Pembinaan di MTs Negeri 10 Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 50%, Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS Ddiketahui bahwasannya 0,654>0,05. Selain itu diperoleh juga nilai thitung yang diperoleh sebesar -456< ttabel sebesar 1.695. sehingga dapat disimpulkan bahwasannya tidak terdapat pengaruh antara manajemen pembinaan terhadap nilai mata pelajaran keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Izzah Asfarina
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:17
Last Modified: 15 Jul 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36573

Actions (login required)

View Item View Item