Upaya Menumbuhkan Multiple Intelegence Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas Xi Ipa Di Ma Ma'arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Fatmawati, Nuris Istiqomah (2024) Upaya Menumbuhkan Multiple Intelegence Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas Xi Ipa Di Ma Ma'arif Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuris_Istiqomah_Fatmawati_T20198019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nuris Istiqomah Fatmawati, 2024 : Upaya Menumbuhkan Multiple Intelegence pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA di MA Ma’arif Ambulu Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: multiple intelegence, pembelajaran biologi, sistem reproduksi
Materi reproduksi adalah salah satu materi biologi di tingkat MA yang sulit dipelajari. Guru sebaiknya mampu merancang pembelajaran yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah belajar siswa, terutama jika materi yang dipelajari cukup sulit. Multiple Intelegence memiliki potensi untuk membantu
siswa dalam mempelajari materi reproduksi secara lebih baik. Penelitian ini berfokus pada bagaimana upaya menumbuhkan Multiple Intelegence pada materi sistem reproduksi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Bagaimana upaya menumbuhkan multiple intelegence pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA di MA Ma'arif Ambulu Jember?".
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya menumbuhkan multiple intelegence pada materi sistem reproduksi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data (Data Collection), kondensasi data (Data Kondensasion), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Drawing/Verification), dan tahap keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Upaya Menumbuhkan Multiple intelegence pada materi sistem reproduksi kelas XI di MA Ma'arif Ambulu Jember dilakukan dengan cara memberikan kegiatan pembelajaran yang berbutirkan Multiple intelegence atau kecerdasan majemuk, adapun kegiatannya antara lain yaitu, belajar menggunakan YouTube, kerja kelompok dan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nuris Istiqomah Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:29
Last Modified: 15 Jul 2024 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36579

Actions (login required)

View Item View Item