Pengelolaan Wakaf Tanah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Akbar Maulana, Fikri (2024) Pengelolaan Wakaf Tanah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KLH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fikri Akbar Maulana Fix (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fikri Akbar Maulana, Abdur Rokhim, 2024: Pengelolaan Wakaf Tanah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Wakaf merupakan sebuah ibadah yang disyari’atkan oleh Allah SWT. Wakaf adalah menahan suatu benda untuk diambil manfaatnya dalam jangka panjang yang sesuai dengan syari’at Islam. Wakaf selalu diharapkan mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan umat, maka upaya pengoptimalan wakaf harus selalu dilakukan demi terwujudnya kesejahteraan itu.

Fokus penelitian ini : 1) Bagaiamanakah optimalisasi pengelolaan wakaf tanah untuk meningkatkan kesejahteraan umat di Desa Maron Wetan Kecaamatan Maron Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf tanah untuk meningkatkan kesejahteraan umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo?

Tujuan penelitian : 1) Mengetahui dan memahami pengelolan wakaf tanah untuk meningkatkan kesejaahteran umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. 2) Mengetahui dan memahami faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf tanah untuk meningkatkan kesejahteraan umat di Desa Maron Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan domumentasi serta teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pertanyaan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Maron Wetan untuk pengelolaan wakaf khususnya PAUD Amanda sudah cukup baik. Terlihat upaya yang dilakukan nadzir dengan tetap menjaga eksisitensi sekolah tersebut, menjadikannya sebagai tempat pendidikan yang menjadi tujuan pertama. PAUD Amanda memang masih terhitung baru karna baru 4 tahun berdiri, akan tetapi peningkatan minat siswa yang bersekolah sudah cukup banyak. Kesejahteraan masyarakat yang ada disekitar tanah wakaf pun dalam hal pendidikan sudah dapat dirasakan peningkatannya. Meski belum sepenuhnya meningkatkan akan tetapi adanya wakaf yang dibangun PAUD ini sedikit lebihnya sudah mampu meningkatkan kesejahteraan di bidang pendidikan dan sedikit dalam bidang ekonomi. Karena dengan adanya PAUD ini siklus ekonomi terjadi di PAUD ini karena membuka peluang bagi para masyarakat untuk berdagang di PAUD tersebut.

Kata Kunci: Pengelolalaan, Tanah Wakaf, Kesejahteraan Umat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: S.E Fikri Akbar Maulana
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:08
Last Modified: 15 Jul 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36580

Actions (login required)

View Item View Item