Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu'arif Al-Mubarok Patrang Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Zahro, Miftahul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu'arif Al-Mubarok Patrang Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL ZAHRO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Zahro, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang-Jember Tahun Ajaran 2023/2024.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction dan Pembelajaran Tematik.

Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction merupakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mentransformasikan informasi, keterampilan secara langsung kepada siswa sehingga dapat memaksimalkan penggunaan waktu belajar siswa terutama dalam pembelajaran tematik yang memadukan berbagai kompetensi siswa dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Hal ini akan menghasilkan hasil yang optimal terutama terhadap pemahamanan siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang-Jember Tahun Ajaran 2023/2024?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang-Jember Tahun Ajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang-Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang-Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Perencanaan Model Pembelajaran Direct Instruction yakni membuat dan mengembangkan silabus, prota, promes dan RPP yang dibuat di awal semester melalui rapat bersama dengan kepala sekolah serta menyiapkan materi ajar. 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Direct Instruction dilakukan dengan penyampaian pendahuluan, demonstrasi pengetahuan dan keterampilan, memberikan latihan terbimbing, menilai kinerja dan pemberian umpan balik dan peluasan latihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Miftahul Zahro
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:24
Last Modified: 16 Jul 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36587

Actions (login required)

View Item View Item