ran Guru PAI Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan Bakat Siswa di Wilayah Jember Tengah.

Faizatul Mila, - (2020) ran Guru PAI Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan Bakat Siswa di Wilayah Jember Tengah. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Faizatul Mila_T20151091.pdf

Download (13MB)

Abstract

Faizatul Mila, 2020. Peran Guru PAI Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan Bakat Siswa di Wilayah Jember Tengah. Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang amat penting di tingkat sekolah umum, mengingat masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan seorang guru dalam mengembangkan potensinya di bidang keagamaan. Musywarah Guru Mata Pelajaran PAI sendiri memberikan wadah dan juga pendampingan untuk peserta didik dalam mengembangkan bakatnya di bidang keagamaan. Pengembangan bakat yang di ajarkan yakni kaligrafi, MTQ, MHQ, pidato tentang keagamaan, Lomba cerdas cermat Agama. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pembimbing dalam mengembangkan bakat siswa tingkat di wilayah Jember Tengah 2) bagaimana peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pendorong dalam mengembangkan bakat siswa di wilayah Jember Tengah 3)bagaimana peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pelatih dalam mengembangkan bakat siswa di wilayah jember tengah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan tentang peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pembimbing dalam mengembangkan bakat siswa di wilayah jember tengah,2) peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pendorong dalam mengembangkan bakat siswa di wilayah jember tengah 3) peran guru PAI sekolah menengah pertama sebagai pelatih dalam mengembangkan bakat siswa di wilayah jember tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus, subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles & Huberman,2014) melalui empat tahap yaitu pengumpulan data. Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data di uji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menemukan bahwa peran Guru sebagai pembimbing,pendorong dan pelatih mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengembangkan bakat siswa dan mampu meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:35
Last Modified: 30 Mar 2022 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item