Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together(NHT) Pada Siswa Kelas IX Di MTs Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Jannah, Titin Jamilatul (2024) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together(NHT) Pada Siswa Kelas IX Di MTs Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Fiks alhamdulillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di MTsS Lombok Kulon, terdapat masalah terkait hasil belajar mata pelajaran IPS di kelas IX dimana sebagian siswa masih meraih nilai dibawah standar penilaian. Para siswa menunjukkan kekurangan dalam aktifitasnya selama pembelajaran, terutama dalam menyelesaikan permasalahan yang di ajukan oleh guru serta menjawab pertanyaan pertanyaan terkait materi. Mereka juga cenderung enggan bertanya meskipun belum sepenuhnya memahami materi yang dipelajari.
Fokus penelitian ini adalah : dapatkah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX MTsS Lombok Kulon ? Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar ips di kelas IX MTsS Lombok Kulon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus dengan total 4 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, pengamatan aktifitas siswa, serta dokumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Me perpus Titin Jamila Titin Jamila
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:17
Last Modified: 15 Jul 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36597

Actions (login required)

View Item View Item