Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam QS Luqman

Ula Fitriyah, Faizatul (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam QS Luqman. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIZATUL ULA FITRIYAH_T20171057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

FaizatulUlaFitriyah,2024:Nilai-nilaiPendidikanKarakterDalamAl- Qur’an Surat Al-Luqman.
Kata Kunci:Nilai-nilaiPendidikankarakter,SuratLuqman
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak terjadinya perialku-perilaku yang menyimpang atau keluar dari norma-norma yang ada. Seperti perkelahian masal, tawuran, penyalah gunaan narkoba, bulliying, dan lain sebagainya. Upaya pencegahanyangharusdilakukanadalahdenganmenanamkannilai-nilai karakter pada peserta didik. Pada hakikatnya pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja untuk membantu seseorang memahami, menjaga, dan berperilakuyangsesuaidengannilai-nilaikaraktermulia.pendidikankarakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambilkeputusandenganbijakdanmempraktikannya dalam kehidupansehari-hari,sehinggamerekadapatmemberikan kontribusi yang positifkepada lingkungannya.
Fokuspenelitianyangditelitipadapenelitianiniadalah:1).Apa sajakahnilai-nilaipendidikankarakter yangtertera dalam qs Luqman?
Berdasarkan fokus penelitiaan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk menjelaskan nilai-nilai yang tertera dalam QS Luqman.
Dalam penelitian ini jeinis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) karena penelitian ini dilakukan dengan serangkaian pengumpulan, mengolah dan menganalisis data yang diambil dari literatur-literatur tertulis. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif.Metodedeskriptifadalahsuatumetodedalam penelitian status sekelompok manusia. Suatu objek, suatu set kondisi, suatusystem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.
Hasil penelitian ini adalah Nilai - nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat Luqman pada dasarnya meliputi enam nilai pendidikan yang fundamental yaitu: pendidikan tauhid, pendidikan akhlak, pendidikan syariah, pendidikan sosial, pendidikan mental, dan pendidikan keteladanan. Nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam QS Luqman tersebut menjadikan pembentukan kepribadian yang islami sebagai salah satu pilihan guna membentengi anak sedini mungkin dari pengaruh lingkungan yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email faizatul.fitriyyah58@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:42
Last Modified: 15 Jul 2024 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36603

Actions (login required)

View Item View Item