Wahid, Hendra Abdul (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik Di Mts Al-Aziz Pucanganom Jambesari Darus Sholah Bondowoso Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-154-PAI-2024)
1. SKRIPSI REVISI HENDRA SUDAH SIDANG 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Hendra Abdul Wahid, 2024: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai
Motivator dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik di MTs Al-Aziz
Pucanganom Jambesari Darus Sholah Bondowoso Tahun Pelajaran
2023/2024.
Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Motivator, Kenakalan
Peserta Didik
Maraknya kenakalan remaja yang terjadi sangat meresahkan orang tua dan
para pendidik. Perilaku menyimpang pada peserta didik yang merugikan diri
sendiri maupun orang lain, akhir- akhir ini kian meningkat. Hal tersebut dapat
terjadi karena lemahnya karakter disiplin pada peserta didik, mereka kurang
peduli terhadap peraturan sekolah, kurangnya rasa hormat kepada guru dan orang
tua, yang menjadikan mereka susah untuk taat dan menerima nasehat.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama
Islam sebagai motivator Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik di MTs AlAziz Pucanganom Jambesari Darus Sholah Bondowoso?, 2) Bagaimana evaluasi
Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator Dalam Menangani
Kenakalan Peserta Didik di MTs Al-Aziz Pucanganom Jambesari Darus Sholah
Bondowoso?. Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan Peran Guru
Pendidikan Agama Islam sebagai motivator Dalam Menangani Kenakalan Peserta
Didik di MTs Al-Aziz Pucanganom Jambesari Darus Sholah Bondowoso. 2)
Mendeskripsikan evaluasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator
Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik di MTs Al-Aziz Pucanganom
Jambesari Darus Sholah Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah:
observasi,wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model
interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi: kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai
motivator dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik melalui Upaya preventif
oleh guru akidah akhlak dengan menyampaikan motivasi-motivasi pada setiap
mata pelajarannya. Kemudian Tindakan repersif oleh guru Quran Hadist dengan
memberikan hukuman yang mendidik seperti menulis surat-surat pendek dan
hafalan beberapa hadist. Terakhir yaitu Tindakan kuratif oleh guru Fiqh dengan
melakukan kegiatan komunikasi dengan orang tua siswa. 2) Evaluasi Peran Guru
Pendidikan Agama Islam sebagai motivator Dalam Menangani Kenakalan Peserta
Didik yaitu melalui beberapa tahapan yang pertama tahap menyusun rencana
seperti kapan kegiatan evaluasi itu akan dilaksanakan, kemudian siapa saja yang
akan di evaluasi serta apa saja yang akan di evaluasi. Kedua yaitu apakah upayaupaya guru tersebut berhasil atau tidak serta tindak lanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hendra Abdul Wahid |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36605 |
Actions (login required)
View Item |