Problematika guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024

Sahroni, Sahroni (2024) Problematika guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-060-TADRIS-IPS-2024)
HARD ok-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kurikulum merdeka sudah diterapkan di SMPN 1 Banyuanyar meskipun tidak terlepas dari permasalahan yang ada penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas VII yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan pelaksanaan dan penilaian oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami guru dalam merapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS dikelas VII SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.sabjek penelitian iyalah kepala sekolah,guru,dan siswa kelas VII pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara, dokumentasi.adapaun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi teknik
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa di SMPN 1 Banyuanyar Probolinggo terdapat problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada perencanaan,pelaksanaan,dan penelitian pada pembelajaran IPS adalah kesulitan
Menganalisis CP,merumuskan TP dan menyusun ATP dan modul ajar menentukan metode dan strategi pembelajaran,minim kemampuan mengunakan teknologi,terbatasnya buku siswa kurangnya kemampuan dan kesiapan mengunakan metode dan media pembelajaran,materi ajar terlalu luas,menentukan proyek kelas VII,kurangnya alokasi waktu pembelajaran berbasis proyek,menentukan asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran berbasis proyek.smpn 1 Banyuanyar Probolinggo sudah menerapkan berbagai konsep dari kurikulum merdeka dalam pembuatan administrasi perencanaan pembelajaran meskipun masih dibuat secara berkelompok,dan menerapkan pembelajaran berbasis proyek kelas maupun proyek sekolah,dan penerapan provil pelajar Pancasila meskipun masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan karena baru satu tahun proses implementasi nya.hal ini agar konsep kurikulum merdeka yang ingin di capai dapat terealisasikan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Me perpus Sahroni Sahroni
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:25
Last Modified: 30 Jul 2024 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36606

Actions (login required)

View Item View Item