HUBUNGAN ANTARA MEANINGFUL WORK DENGAN PERSONAL ENGANGEMENT PADA RELAWAN PERSADA YATIM INDONESIA CABANG JEMBER

Faiqotul, Qomariah (2024) HUBUNGAN ANTARA MEANINGFUL WORK DENGAN PERSONAL ENGANGEMENT PADA RELAWAN PERSADA YATIM INDONESIA CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIQ QOTUL QOMARIAH_D20195070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Faiq Qotul Qomariah, 2024: Hubungan Antara Meaningful Work Dengan Personal Engangement Pada Relawan Persada Yatim Indonesia Cabang Jember.
Kata Kunci : Meaningful Work, Personal Engangement, Relawan
Meaningful Work merupakan pengalaman yang bermakna secara subyektif yang terdiri dari memiliki pikiran dan bertindak secara positif ketika bekerja, merasa pekerjaan memberikan makna bagi kehidupan, memahami bahwa pekerjaanya memberikan dampak positif bagi lingkungan. Relawan yang sudah merasakan Meaningful work dapat menunjukkan keberaniannya dalam berekspresi, pada saaat bekerja ia bisa mendapatkan makna dan komitmen pribadi dalam pekerjaanya dan menjadi lebih bertanggung jawab terhadap kehidupannya. Personal engangement merupakan keterlibatan seseorang dalam pekerjaan mereka dalam organisasi yang sedang diikutinya. Selain itu, adanya hubungan dari segi fisik, kognitif, dan emosional yang berasal dari dalam dirinya.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara meaningful work dengan personal engangement pada relawan Persada Yatim Indonesia cabang Jember ?.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara meaningful work dengan personal engangement pada relawan Persada Yatim Indonesia cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total dengan sampel sebanyak 86 anggota Persada Yatim Indonesia cabang Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket berupa kuisioner. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala meaningful work yang diadaptasi dari skala The Work and Meaning Inventory (WAMI) yang tersusun atas 16 item dan skala personal engagement diadaptasi dari skala Kahn yang terdiri dari 18 item. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif pada meaningful work dengan personal engangement dengan nilai pearson correlation sebesar 0,939 yang artinya hubungan kedua variabel tergolong kuat. Maka artinya, semakin tinggi tingkat meaningful work seseorang, semakin tinggi pula tingkat personal engangement dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Faiq Qotul Qomariah
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:12
Last Modified: 16 Jul 2024 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36621

Actions (login required)

View Item View Item