Wardhana, Dimas (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF AMBULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad siddiq Jember.
Text (SK-187-PAI-2024)
SKRIPSI_DIMAS PRASETYA_REVISI_SIDANG wt4_124332.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Dimas Prasetya Dwi Wardhana: Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama
Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah
Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Akidah Akhlak.
Indonesia merupakan negara plural yang mempunyai banyak keragaman.
Mulai dari budaya, suku, agama dan sebagainya. Namun, keberagaman
tersebut bisa menimbulkan permasalahan dalam masyarakat apabila telah
menghilangkan prinsip kebinekaan. Karena, hal ini menjadikan pemerintah
untuk menggalakan internalisasi moderasi beragama dapat diterapkan dalam
bidang pendidikan. Maka dari ittu MTs Ma‟arif Ambulu memulai internalisasi
nilai-nilai moderasi beragma.
Fokus penelitian yang diteliti dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
internalisasi nilai-nilai komitmen kebangsaan dalam pembelajaran akidah
akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu?, 2) Bagaimana internalisasi nilainilai toleransi dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif
Ambulu?, 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai anti kekerasan dalam
pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu?, dan 4)
Bagaimana internalisasi nilai-nilai akomodatif terhadap budaya lokal dalam
pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu?. Tujuan
penelitian dari skripsi ini sebagai berikut: 1) Menjelaskan internalisasi nilainilai komitmen kebangsaan dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di
MTs. Ma‟Arif Ambulu, 2) Menjelaskan internalisasi nilai-nilai toleransi dalam
pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu , 3)
Menjelaskan internalisasi nilai-nilai anti kekerasan dalam pembelajaran akidah
akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu, dan 4) Menjelaskan internalisasi
nilai-nilai akomodatif terhadap budaya lokal dalam pembelajaran akidah
akhlak kelas VIII di MTs. Ma‟Arif Ambulu.
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipasi
moderat, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles
dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang
diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari skripsi ini sebagai berikut: 1) Internalisasi moderasi
beragama dalam aspek komitmen kebangsaan dalam pembelajaran akidah
akhlak dengan menginternalisasikan melalui kegiatan upacara, tawasul, 2)
Peserta didik terbiasa mengamalkan nilai toleransi dari hal-hal kecil serta
peran dari pendidik dalam membina peserta didik sangat dibutuhkan, 3)
Internalisasi dalam aspek anti kekerasan menggunakan pendekatan emosional
dan spiritual, dan 4) terinternalisasi melalui 3P yaitu Pembiasaan
Pembudayaan dan Pemberdayaan dapat membuat peserta didik bersikap
moderat terhadap budaya lokal yang hidup berdampingan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mr Dimas Wardhana |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:50 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36623 |
Actions (login required)
View Item |