Hasan, Umar (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KYAI DALAM PENGEMBAGAN KELEMBAGAAN PESANTREN (Studi Multi Situs Pondok Pesantren Nurul Islam Jember Dan Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (DS-01-MPI-2024)
UMAR HASAN (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci; Kepemimpinan Trasformasional, Pengembangan Pesantren
Lembaga pendidikan Islam (pesantren) membutuhkan pemimpin dengan visi dan
misi yang dapat menggerakkan seluruh sistem manajemen lembaga secara cepat dan
tepat. Langkah-langkah strategis yang tanpa henti untuk keberlanjutan gerak semua
elemen dan unsur dalam organisasi untuk menyelesaikan pekerjaan dapat berjalan secara
efektif dan efesien merupakan bagian inti dari kontinuitas hasil capaian target yang
ditetapkan.
Fokus pada penelitian ini adalah; 1) Bagaimana kepemimpinan transformasional
kyai dalam pengembangan kelembagaan pesantren sebagai fungsi pendidikan? 2)
Bagaimana kepemimpinan transformasional kyai dalam pengembangan kelembagaan
pesantren sebagai fungsi dakwah? 3) Bagaimana kepemimpinan transformasional kyai
dalam pengembangan kelembagaan pesantren sebagai fungsi pemberdayaan masyarakat?
Tujuan dalam penelitian ini adalah; 1) Memahami kepemimpinan transformasional kyai
dalam pengembangan kelembagaan pesantren sebagai fungsi pendidikan, 2) Memahami
kepemimpinan transformasional kyai dalam pengembangan kelembagaan pesantren
sebagai fungsi dakwah, 3) Memahami kepemimpinan transformasional kyai dalam
pengembangan kelembagaan pesantren sebagai fungsi pemberdayaan masyarakat.
Sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan multisitus yang berusaha
mendeskripsikan suatu latar, objek atau peristiwa tertentu secara rinci dan medapatkan
gambaran yang mendalam tentang kepemimpinan transformasional kyai dalam
pengembangan pesantren. Lokus yang dipilih adalah PP Nurul Islam Jember dan PP Kyai
Syarifuddin Lumajang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,
observasi partisipatif dan studi dokumen. Data data yang terkumpul kemudian dianalisis
dengan teknik; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Semua data diuji
keabsahannya melalui; uji kerdibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan
konfirmabilitas.
Hasil penelitian menemukan; Pertama kepemimpinan transformasional kyai
dalam pengembangan kelembagaan pesantren sebagai fungsi pendidikan dilakukan
model Pendidikan formal berkelanjutan. Dari tingkat dasar hingga perhuruan tinggi.
Selain itu juga memperkuat kualitas Pendidikan diniyah. Dan yang terakhir adalah
kurikulum integrasi antara Pendidikan diniyah dengan Pendidikan formal. Kedua
transformasional kepemimpinan kyai dalam pengembangan kelembagaan pesantren
sebagai fungsi dakwah dilakukan melaui model dakwah konvensional dan dakwah digital.
Dakwah konvensional dilakukan dengan cara terjun lansung kepada masyrakat,
sedangkan dakwah digital kyai menggunakan flatform youtube pesantren. Ketiga
Kepemimpinan trasformasional transformasional kyai dalam pengembangan
kelembagaan pesantren sebagai fungsi pemberdayaan masyarakat lebih banyak
menekankan pada aspek pendidikan dan perekonomian.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dr Umar Hasan |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 04:15 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36630 |
Actions (login required)
View Item |