PENERAPAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nia, Siti (2024) PENERAPAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Digitise SKRIPSI SITI RAUDATUL MADANIA V.2-1 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (31MB)

Abstract

Siti Raudatul Mada Nia, 2024 : Penerapan Scientific Learning dalam meningkatkan Kualitas Belajar pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII tahun pelajaran 2023/2024 di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda.
Kata kunci : Peningkatan kualitas belajar, scientific learning, Aqidah Akhlaq,
Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda
Tingkat kualitas belajar siswa sangat di pengaruhi oleh metode dan strategi yang di gunakan guru dalam proses pembelajaran. Penerapan metode dan strategi yang di gunakan oleh guru terlebih pada mata pelajaran aqidah akhlaq dalam proses pembelajaran sangat menentukan hasil belajar siswa. Dalam penerapannya guru harus mampu memilih metode dan strategi yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa di kelas salah satunya dengan menerapkan scientific learning sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana upaya yang di lakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq.? (2) bagaimana perencanaan penerapan scientific learning kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah akhlaq di madrasah tsanawiyah miftahul huda.? (3) Bagaimana penerapan scientific learning kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda.? Dan (4) bagaimana evaluasi penerapan scientific learning dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran aqidah akhlaq.? Serta tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) Untuk mengetahui upaya-upaya yang di lakukan oleh madrasah dan guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda, (2) untuk mengetahui perencanaan penerapan scientific learning dalam meningkatkan kualitas belajar siswa khususnya kelas VIII pada pembelajaran Aqidah Akhlaq, (3)Untuk mengetahui penerapan scientific learning dalam meningkatkan kualitas belajar pada aqidah akhlaq kelas VIII (4) Untuk mengetahui evaluasi penerapan scientific learning dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran aqidah akhlaq kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, subyek pada penelitian ini yakni wali kelas VIII, guru mata pelajaran dan siswa. Teknik yang digunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini : (1) Dalam Upaya peningkatan kualitas belajar, sudah menerapkan prinsip pembelajaran berbasis aktifitas, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pemberian umpan balik yang konstruktif, kolaborasi dan pembelajaran kolaboratif, pengembangan keterampilan soft skill dan pembelajaran dukungan sosial dan emosional. (2) perencanaan penerapan scientific learning pada aqidah akhlak sudah sangat baik. (3) penerapan scientific learning dalam meningkatkan kualitas belajar pada Aqidah akhlaq masih terdapat beberapa kendala. (4) secara garis besar hasil evaluasi pada penerapan scientific juga terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Siti Roudhatul Mada Nia
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:29
Last Modified: 19 Jul 2024 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36646

Actions (login required)

View Item View Item