Implementasi Seni Tari Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurya Bil Ilma

Rahmatillah, Nabila Vika Dhea Ilma (2024) Implementasi Seni Tari Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurya Bil Ilma. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
NABILA VIKA DHEA ILMA RAHMATILLAH_T20175003 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Implementasi Seni Tari dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurya Bil Ilma. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Islam Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan Studi kasus adalah kajian yang rinci tentang satu latar, subjek tunggal, atau suatu peristiwa tertentu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana teori-teori dalam seni tari dapat mengembangkan percaya diri anak usia 5-6 tahun pada TK Nurya Bil Ilma? 2) Bagaimana proses kegiatan seni tari dalam mengembangkan percaya diri anak usia 5-6 tahun pada TK Nurya Bil Ilma? 3) Bagaimana dampak perubahan dari kegiatan seni tari dalam mengembangkan percaya diri pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurya Bil Ilma?.
Responden penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurya Bil Ilma Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah: Wawancara, Observasi, Dokumentasi.
Fokus penelitian pada 2 aspek yaitu Teori Pelaksanaan menari dapat mengembangkan rasa percaya diri dan Seni tari menggunakan media tubuh manusia sebagai alat berekspresi.
Tujuan Penelitian adalah yaitu Seni tari sebagai salah satu wadah yang digunakan untuk meumbuhkan rasa percaya diri sebab didalmnya terdapat beberapa hal untuk memotifasi diri dalam berkarya yaitu: a) Tarian juga dapat dijadikan sebagai alat membentuk karakter dari manusa untuk menjadi lebih baik, dalam artian seni tari tradisional dapat membentuk perilaku mulia, lembut dan bersahaja. b) Seni tari merupakan pendekatan ideal yang bertujuan merangsang daya imajinasi dan dapat dijadikan sarana untuk menjaga fisik ini juga meningkatkan kebugaran tubuh.
Hasil penelitian yaitu : 1) Pelaksanaan Seni Tari dalam Mengembangan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun. 2) Terdapat dampak perubahan dari kegiatan seni tari dalam mengembangkan percaya diri pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: Seni Tari, Rasa Percaya Diri, Anak Usia 5-6 Tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nabila Vika Dhea Ilma Rahmatillah
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:24
Last Modified: 23 Jul 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36657

Actions (login required)

View Item View Item