PERKEMBANGAN METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASHIN PROBOLINGGO TAHUN 2014-2023

Nur Arisandy, Muhammad Alvin (2024) PERKEMBANGAN METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASHIN PROBOLINGGO TAHUN 2014-2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ALVIN NUR ARISANDY_U20194008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Amtsilati, Pondok Pesantren Darul Mukhlashin Macam-macam metode telah banyak digunakan dalam dunia pendidikan formal maupun non-formal, apalagi di dunia pesantren yang digunakan adalah kitab-kitab kuning yang tanpa harakat. Dalam mendalami kitab kuning pastinya yang namanya ilmu Nahwu dan Sharaf. Sebagian besar para santri beranggapan bahwa mempelajari kitab kuning dibutuhkan waktu yang cukup lama,oleh sebab itu muncullah sebuah metode bernama Amtsilati. Sebagian kalangan pesantren sudah banyak yang menggunakan metode tersebut, karena dengan menggunakan metode ini para santri tidak perlu lagi belajar lebih lama untuk membaca kitab kuning.
Salah satu pondok pesantren yang menggunakan metode Amtsilati yakni Pondok Pesantren Darul Mukhlashin, oleh sebab itu peneliti memfokuskan dengan dua rumusan masalah:1. Bagaimana metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin Tahun 2014-2023.2. Bagaimana kontribusi dan perkembangan metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin Tahun 2014-2023.
Sesuai latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan dengan lingkup yaitu:1. Bagaimana Sejarah Metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin pada tahun 2014-2023, 2. Bagaimana kotribusi dan perkembangan metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning di pondok pesantren Darul Mukhlashin pada tahun 2014-2023.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian sejarah dengan beberapa tahapan, yaitu heuritic, verifikas, interorentasi, dan historografi. Sumber data penelitian ini berupa: sumber primer, yakni wawancara dengan Ustad Aly Machan Moesa, Ustad Misbahul Munir, Ustad Muhammad Ishaq, Ustad Achmad Faiz, Ustad Idris Wildanul Aulia, Ustad Iqbal Maulidi.serta tulisan-tulisan berbentuk jurnal, artikel, skripsi guna memverifikasi sumber primer yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya dapat diketahui:(1) Sejarah awal penerapan metode amtsilati di Pondok Pesantren Darul Mukhlashin berawal dari pak moesa yang diutus oleh KH.H. Mahfud Basya untuk belajar di Pondok Pesantren Darul Falah.(2) Amsilati dijadikan sebagai mata pelajaran dalam semua lembaga sebagai langkah awal untuk perkembangan para santri.(3) Amtsilati dapat mengubah keadaan santri dalam membaca kitab kuning yang awalnya masih kurang minat dan hingga santri merasa senang belajar kitab kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: MUHAMMAD ALVIN NUR ARISANDY
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:43
Last Modified: 26 Jul 2024 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36660

Actions (login required)

View Item View Item