Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalitas Tenaga Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sragi Songgon Banyuwangi Tahun 2024

Ma’ruf, Muhammad (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalitas Tenaga Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sragi Songgon Banyuwangi Tahun 2024. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
M.MA'RUF_223206010001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ma’ruf, Muhammad, 2024. Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalitas Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sragi Songgon Banguwangi. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Ach Faridul Ilmi, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Rusydi Baya’gub, S.Ag., M.Pd.I.

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Profesionalitas Tenaga Pendidik.

Strategi manajemen kepala madrasah merupakan suatu alat atau acuan yang diterapkan oleh kepala madrasah sebagai pemimpin di suatu madrasah untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan strategi analisis, perencanaan, serta evaluasi pelaksanaan kepala madrasah mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh madrasah tersebut. Sedangkan profesionalitas Tenaga Pendidik merupakan keahlian seorang yang telah mendapatkan pendidikan khusus untuk memahami tentang peserta didik sebagai objek mengajar dan menciptakan situasi kondusif dalam kegiatan belajar mengajar sebagai pekerjaan yang dapat ditingkatkan kualitas keahliannya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis strategi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik, 2) Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik, 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik. serta Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Bagaimana analisis strategi, perencanaan, serta evaluasi pelaksanaan strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalitas Tenaga Pendidik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data berdasarkan sumber data. Dalam penelitian ini yang dijadikan informan penelitian adalah kepala madrasah, tenaga pendidik MTs Al Fatah Sragi Songgon Banyuwangi yang dipandang cukup mewakili, serta tenaga kependidikan sebagai informan pendukung.
Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan temuan dan hasil penelitian dalam mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik yaitu: 1) analisis strategi kepala madrasah dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki tenaga pendidik, 2) perencanaan kepala madrasah melibatkan guru dan tenaga kependidikan dengan pembentuakan struktur, penempatan guru sesuai dengan bidangnya, merencanakan pembinaan serta pelatihan untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ingin di capai 3) evaluasi pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalitas tenaga pendidik dengan melaksanakan pembinaan guru, pelatihah, pembinaan disiplin guru, supervisi, serta pengavaluasian tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: kang muhammad ma'ruf
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:58
Last Modified: 01 Aug 2024 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36666

Actions (login required)

View Item View Item