Peran Gurudalam Penanaman Nilai-Nilai Sosial Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MadrasahTsanawiyahAlFirdaus Tahun Ajaran 2019/2020

Muhammad Baidowi, - (2020) Peran Gurudalam Penanaman Nilai-Nilai Sosial Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MadrasahTsanawiyahAlFirdaus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Muhammad Baidowi_T20159006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Baidowi 2019:Peran Gurudalam Penanaman Nilai-Nilai Sosial Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MadrasahTsanawiyahAlFirdaus Tahun Ajaran 2019/2020 Nilai-nilai sosial merupakan seperangkat sikap individu yang dihargai sebagai suatu kebenaran dan dijadikan standar bertingkah laku guna memperoleh kehidupan masyarakat yang demokratis dan harmonis. Nilai-nilai sosial juga diartikan sebagai sikap dan perasaan yang diterima oleh masyarakat sebagai dasar untuk merumuskan apa yang benar dan penting. Nilai sosial memberikan pedoman bagi warga masyarakat untuk hidup berkasih sayang dengan sesama manusia, hidup harmonis, hidup disiplin, hidup berdemokrasi, dan hidup bertanggung jawab. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) sebagai pendidik dalam upaya menanamkan nilai-nilai sosial pada diri siswa di MTs. Al-Firdaus Tahun Ajaran 2019/2020 ? 2) Bagaimana strategi guru IPS dalam menenamkan nilai-nilai sosial pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Firdaus Tahun pelajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru ilmu pengetahuan sosial ( IPS) sebagai pendidik dalam upaya menanamkan nilai-nilai sosial pada diri siswa di MTs Al-Firdaus. 2) Mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai nilai sosial pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Firdaus Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informen dalam penelitian ini menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan analisis interaktif Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bawasanya.1).Peran guru di MTs Al-Firdaus ialah guru sabagai motivator,guru sebagai teladan dan guru sebagai orang tua bagi murid murid ketika di sekolah. 2). Guru menanamkan nilai-nilai sosial ketika pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan memberikanya tugas kelompok atau individu yang gunanya menjadikan siswa untuk bertanggung jawab dan juga menjadikan siswa bebas berpendapat serta menerima pendapat orang lain, dan juga memberikan contoh yang sesuai dengan materi IPS dan di kaitkan dengan nilai-nilai sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:37
Last Modified: 18 Mar 2022 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item