Pengembangan Buku Herbarium Tumbuhan Paku Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Cagar Alam Watangan Puger Jember Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Paku

Dwi Yanti, Fitri (2024) Pengembangan Buku Herbarium Tumbuhan Paku Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Cagar Alam Watangan Puger Jember Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Paku. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fiks WM Fitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB)

Abstract

Fitri Dwi Yanti, 2024: Pengembangan Buku Herbarium Tumbuhan Paku Berbasis
Potensi Lokal Di Kawasan Cagar Alam Watangan Puger Jember Pada
Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Paku
Kata Kunci: Buku her barium tumbuhan paku, di Kawasan cagar alam watangan
puger
Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien saat
ini adalah penggunaan media dalam proses pembelajaran. Media merupakan alat
yang mampu digunakan oleh pendidik untuk mempermudah dalam menyampaikan
suatu informasi kepada peserta didik. Dengan adanya media dalam proses mengajar
dapat meningkatkan minat belajar dan memotivasi peserta didik, meningkatkan ke
efesien dalam menyampaikan informasi, dan memudahkan peserta didik dalam
memahami sebuah materi. Salah satu bentuk media pembelajaran berbasis
lingkungan yakni dengan Teknik pengawetan tumbuhan atau disebut dengan
herbarium
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kevalidan Buku
Herbarium Tumbuhan Paku Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Cagar Alam
Watangan Puger Jember Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Paku. 2)Untuk
mengetahui Respon Siswa Terhadap Buku Herbarium Tumbuhan Paku Berbasis
Potensi Lokal Di Kawasan Cagar Alam Watangan Puger Jember Pada Sub Materi
Klasifikasi Tumbuhan Paku
Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
dan pengembangan biasa disebut juga dengan Research and Development (R&D)
model yang digunakan peneliti yakni Borg and Gall dalam penelitian ini peneliti
hanya melakukan enam tahap saja yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan
data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, dan 6) uji coba produk.
Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu
data yang berupa tanggapan dan saran. Sedangkan data kuantitatif merupakan data
bilangan yang diperoleh dari validator dan angket respon siswa.
Berikut hasil dari penelitian dan pengenmbanagn yang telah dilakukan, yaitu:
berdasarkan uji validasi ahli materi dan ahli media dimana didapatkan hasil ahli
materi 90% dengan kategori sangat baik, ahli media 100% dengan kategori sangat
baik dan pendidik mata pelajaran IPA yaitu 95% dengan kategori sangat baik ,
untuk respon peserta didik yaitu 94,3 dengan kategori sangat baik untuk digunakan
dalam proses pembelajaran maupun praktik IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email pipitsipit02@gmail.com
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:34
Last Modified: 06 Sep 2024 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36682

Actions (login required)

View Item View Item