PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TRACING ART TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS SISWA MATERI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VB DI MI AL-HIDAYAH MANGLI JEMBER

Siti nur, afifatuz zahro (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TRACING ART TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS SISWA MATERI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VB DI MI AL-HIDAYAH MANGLI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-008-PGMI-2024)
Skripsi Final Afifaa watermark12.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya metode pembelajaran yang
inovatif. Proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru dan tidak melibatkan
siswa secara aktif di dalamnya. Mengakibatkan proses kegiatan pembelajaran
tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kurangnya metode
pembelajaran yang inovatif ini salah satunya dipengaruhi oleh lemahnya faktor
pendukung dan menyebabkan belum berkembangnya inovasi yang dihasilkan. Hal
tersebut kemudian mendorong peneliti untuk menggali lebih dalam terkait
pengaruh metode tracing art terhadap perkembangan motorik halus siswa.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah :
1) Adakah pengaruh metode pembelajaran Tracing Art terhadap perkembangan
motorik halus siswa materi letak geografis Indonesia pada mata pelajaran IPAS
kelas VB di MI Al-Hidayah Mangli Jember?
2) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Tracing Art terhadap
perkembangan motorik halus siswa materi letak geografis Indonesia pada mata
pelajaran IPAS kelas VB di MI Al-Hidayah Mangli Jember?
Penelitian ini bertujuan :
1) Untuk mengidentifikasi adanya pengaruh metode pembelajaran Tracing Art
terhadap perkembangan motorik halus siswa materi letak geografis Indonesia
pada mata pelajaran IPAS kelas VB di MI Al-Hidayah Mangli Jember.
2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Tracing Art
terhadap perkembangan motorik halus siswa materi letak geografis Indonesia
pada mata pelajaran IPAS kelas VB di MI Al-Hidayah Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian one group pretest-posttest design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas
VB MI Al-Hidayah Mangli Jember. Sedangkan populasi dan sampel berjumlah 30
orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, non tes dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS Version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunaan metode tracing art terhadap perkembangan motorik halus
siswa materi letak geografis Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas VB MI Al
Hidayah Mangli Jember. Hal ini dapat dilihat dari nilai homogenitas sebesar
0,289>0,05 maka dapat disimpulkan bahwa motorik halus siswa memiliki data
yang homogen. Kemudian berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dalam
penelitian ini ditemukan besaran nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05
menandakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan nilai sebelum
dan sesudah diberikan metode pembelajaran tracing art. Dengan demikian metode
pembelajaran tracing art berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus
siswa.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Tracing Art, Perkembangan Motorik Halus,
IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nur Afifatuz Zahro
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:58
Last Modified: 29 Aug 2024 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36684

Actions (login required)

View Item View Item