Analisis Peningkatan Minat Menabung di Seabank Dalam Perspektif Pengguna Shopee

Auliya Az, shofia (2024) Analisis Peningkatan Minat Menabung di Seabank Dalam Perspektif Pengguna Shopee. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofia Auliya Az_205105010007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Shofia Auliya Az, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si. 2024: “Analisis Peningkatan Minat Menabung di SeaBank Dalam Perspektif Pengguna Shopee”
E-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dan cepat dalam beberapa tahun terakhir serta banyak platform e-commerce telah muncul dan mendapatkan popularitas. Shopee merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, yang juga memiliki berbagai kategori produk dan sering menyelenggarakan berbagai promosi, event atau flash sale, serta diskon untuk menarik pelanggan. Shopee juga memiliki fitur-fitur seperti potongan harga (diskon), gratis ongkir, atau sistem cash on delivery (COD).
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah:(1) Bagaimana peningkatan minat menabung di SeaBank sebagai alat transaksi shopee (2) Bagaimana feedback SeaBank dapat menarik minat menabung pengguna shopee?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan (Field Research) dan Studi Literatur dengan subjek penelitian adalah mahasiswa FEBI yang menggunakan aplikasi SeaBank. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling untuk menemukan informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Adapun Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) dapat dinilai sebuah peningkatan minat menabung di SeaBank sebagai alat transaksi dan feedback pengguna, terlihat bahwa SeaBank telah berhasil menarik minat menabung pengguna shopee (2) SeaBank juga telah menciptakan strategi efektif yang mengubah persepsi pengguna shopee terhadap menabung di SeaBank. Sehingga dapat memanfaatkan feedback pengguna dan mengintegrasikan fitur menabung sebagai alat transaksi.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:(1) SeaBank telah sukses dalam meningkatkan minat menabung para pengguna shopee dengan menjadi sarana transaksi dan menerima umpan balik dari pengguna. (2) selain itu, SeaBank juga berhasil mengubah pandangan pengguna shopee terhadap menabung di SeaBank melalui strategi efektif yang telah dikembangkan.
Kata Kunci: SeaBank, Peningkatan Minat Menabung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1003 Industrial Biotechnology > 100305 Industrial Microbiology (incl. Biofeedstocks)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Shofia Auliya Az
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:13
Last Modified: 09 Sep 2024 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36696

Actions (login required)

View Item View Item